Rekomendasi Tempat Makan

Mudik Lewat Garut? Ini 5 Tempat Makan Nasi Liwet dan Sate Maranggi Enak

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 01 Mei 2022 12:00 WIB
Mudik Lewat Garut? Ini 5 Tempat Makan Nasi Liwet dan Sate Maranggi Enak
Foto: Istimewa
Jakarta -

Menjadi jalur dan tujuan mudik populer, Garut menawarkan banyak tempat wisata kuliner. Beberapa rumah makan di kawasan Garut bahkan diakui menjadi tempat yang layak dicoba.

Musim mudik telah tiba, banyak masyarakat Indonesia yang sudah mulai menempuh perjalanan panjang untuk kembali ke kampung halamannya. Seluruh ruas jalan tol begitu dipadati mereka yang bepergian lintas kota hingga lintas provinsi.

Ternyata tidak hanya kemacetan, di beberapa titik jalur mudik juga menawarkan berbagai wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Sambil menunggu kemacetan sedikit mereda tidak ada salahnya untuk melipir sebentar bersama keluarga sekaligus mengisi perut yang kosong selama melakukan perjalanan yang cukup panjang.

Salah satunya Garut yang dilalui lintasan tol Cigatas atau Cileunyi-Garut-Tasikmalaya. Kawasan ini ternyata punya beberapa tempat makan yang juga cocok untuk disambangi bersama keluarga. Suasana restorannya yang enak untuk bersantai hingga makanannya yang lezat akan begitu memuaskan waktu beristirahat.

Berikut ini 5 tempat makan di Garut yang wajib disambangi:

Mudik Lewat Garut? Ini 5 Tempat Makan Nasi Liwet dan Sate Maranggi EnakMenyajikan makanan khas Sunda, restoran ini punya menu nasi liwet yang menjadi andalannya. Foto: Istimewa

1. Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang

Menawarkan berbagai area makan mulai dari yang lesehan hingga gazebo, membuat RM Sari Cobek Cangkuang ini cocok didatangi bersama keluarga. Pilihan area tempat makannya membuat pelanggan yang datang tetap dapat menikmati momen makan bersama atau ngariung yang hangat walaupun di tengah keramaian rumah makan tersebut.

Salah satu menu favoritnya adalah nasi liwet yang gurih sedap. Selain itu, di sini pelanggan yang datang juga bisa menikmati waktu memancing sendiri dan langsung memasak ikannya dengan bantuan pihak rumah makan untuk mengolahnya.

Ukuran porsi yang ditawarkan juga sengaja disediakan dengan pilihan yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Mulai dari paket dua porsi enam porsi atau bahkan sepuluh porsi sekaligus. Harga makanan di sini dipatok mulai Rp 15 ribu sehingga tidak akan mencekik dompet. Lokasinya sendiri berada tak jauh dari situs Candi Cangkuan, Leles, Garut, Jawa Barat.

2. Rumah Makan Nasi Liwet Asep Stroberi

Tidak menggunakan campuran stroberi, nama dari RM Nasi Liwet Asep Stroberi ini menyediakan area permainan untuk anak-anak dan banyak spot foto Instagramable yang bisa menjadi kesempatan untuk berfoto bersama keluarga. Sesuai dengan namanya, menu andalan di sini adalah berbagai hidangan khas Sunda terutama sajian nasi liwet yang menjadi 'bintang utamanya'.

Berbagai porsi nasi liwet juga sengaja disediakan dalam berbagai ukuran agar bisa dipilih oleh pelanggan sesuai dengan jumlah keluarga. Berbagai menu pelengkap seperti ayam kampung, ikan gurame, hingga ikan nilanya juga terkenal lezat dan akan lebih sempurna ketika berpadu dengan sambalnya yang pedas segar.

Sepaket nasi liwet yang mengenyangkannya dibanderol mulai dari Rp 22 ribu saja dengan berbagai pilihan lauk yang bisa dipilih langsung oleh pelanggan. Jika ingin mampir dan mencobanya kamu bisa langsung mendatangi Jl. Otista No.320, Pananjung, Garut, Jawa Barat.

Tempat makan di Garut lainnya yang tak boleh dilewatkan ada di halaman berikutnya.