ADVERTISEMENT

Keren! Foto Penjual Kebab Ini Menang Penghargaan Fotografi Internasional

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 01 Mei 2022 11:00 WIB
Keren! Foto Penjual Kebab Ini Menang Penghargaan Fotografi Internasional
Foto: Pink Lady
Jakarta -

Ada berbagai foto makanan yang dilombakan dalam kompetisi fotografi. Salah satunya Pink Lady yang menobatkan foto seorang penjual kebab di India ini sebagai juara. Foto ini disebut menggambarkan kehangatan dan kemanusiaan.

Foto-foto makanan dan penjual makanan kerap mencuri perhatian. Tak jarang berbagai penghargaan foto lokal maupun internasional diadakan untuk mencari foto tema makanan terbaik.

Salah satu yang menyita perhatian adalah penghargaan fotografi internasional bernama Pink Lady. Tahun ini Pink Lady sudah memasuki tahun ke-11 penyelenggaraannya.

Phil Turnbull selaku CEO APAL dan pemilik Pink Lady yaitu merek di balik penghargaan fotografi ini mengatakan sesungguhnya makanan 'menyentuh' tiap aspek kehidupan manusia. "Kompetisi ini terus menjadi perayaan seni fotografi makanan yang benar-benar global," katanya seperti dikutip dari CNN Travel (29/4/2022).

Tahun ini ada ribuan foto yang diseleksi sebagai pemenang. Foto ini berasal dari 60 negara. Pemenang foto lalu diseleksi begitu ketat oleh juri dengan fotografer makanan terkenal, David Loftus sebagai ketua panel Pink Lady Food Photographer of the Year 2022.

Terdapat 23 kategori dan 38 foto pemenang yang diumumkan via YouTube pada Selasa, 26 April 2022. Seluruh foto yang dipilih Pink Lady ini terlihat mengesankan.

Keren! Foto Penjual Kebab Ini Menang Penghargaan Fotografi InternasionalMelalui Twitter, Pink Lady mengumumkan Kebabiyana sebagai pemenang Pink Lady Food Photographer of the Year 2022. Foto: Pink Lady

Namun ada pemenang utama yang berhasil meraih predikat Pink Lady Food Photographer of the Year 2022. Foto ini berjudul "Kebabiyana" yang menunjukkan sosok penjual kebab saat membakar potongan daging dengan penuh asap di sekelilingnya.

Foto "Kebabiyana" diambil oleh Khayam Chowk di sebuah jalan di Srinagar, ibu kota musim panas Jammu dan Kashmir di ujung utara India. Pink Lady mendeskripsikan, jalanan tersebut terlihat biasa pada siang hari, tetapi berubah menjadi pusat jajanan pada malam hari.

Salah satu menu yang ditawarkan adalah kebab wazwan, jajanan kaki lima populer khas Kashmir. Caroline Kenyon selaku direktur dan pendiri Pink Lady mengatakan foto ini menggambarkan banyak hal.

Keren! Foto Penjual Kebab Ini Menang Penghargaan Fotografi InternasionalFoto penjual kebab ini dianggap menunjukkan kehangatan dan sisi kemanusiaan. Foto: Pink Lady

"Ada begitu banyak hal yang dapat meyakinkan kita di sini -- pelukan asap yang mengepul dengan indah, cahaya keemasan, ekspresi subjek saat ia menyiapkan makanan untuk dibagikan... Foto ini lembut namun kuat, memelihara jiwa kita," katanya.

Ia juga mengatakan dari foto ini, penikmatnya bisa 'merasakan' kenikmatan kebab yang dijual. Pun untuk aroma bakaran daging kebab yang seolah ikut tercium. "Kami membayangkan kehangatan, aroma yang nikmat," ujar Kenyon.

Rencananya karya para pemenang penghargaan fotografi Pink Lady ini bakal ditampilkan di The Royal Photographic Society, salah satu perkumpulan fotografi tertua di dunia, di Bristol, Inggris. Acara ini akan berlangsung dari 20 November hingga 12 Desember 2022 secara gratis.



Simak Video "Bikin Laper: Unik nan Praktis, Kebab Isi Nasi Padang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT