Sajian Lezat Lebaran

4 Teknik Masak Ketupat Lebaran yang Empuk Pulen dan Tahan Lama

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 30 Apr 2022 14:04 WIB
Ketupat and Rendang Lebaran, the Traditional Celebratory Dish of Rice Cake Soup
Foto: Getty Images/iStockphoto/Yamtono_Sardi
Jakarta -

Ketupat, makanan ikonik lebaran yang disuguhkan bersama opor ayam, hingga rendang. Kamu bisa membuat ketupat sendiri di rumah dengan 4 teknik berikut ini.

Ketupat adalah olahan nasi yang dibungkus janur atau daun kelapa muda, berbentuk belah ketupat atau persegi empat dengan tekstur yang padat. Ketupat lebaran biasanya disajikan bersama lauk khas, seperti sayur labu siam, opor ayam, rendang, hingga sambal goreng kentang.

Karena sebentar lagi memasuki perayaan lebaran Idul Fitri, simak beberapa teknik yang bisa diterapkan dalam memasak ketupat berikut. Agar menghasilkan ketupat yang empuk pulen dan tahan lama.

Baca Juga: Resep Kue Kering Janda Genit yang Manis Renyah dan Tidak Mudah Retak

Berikut 4 teknik memasak ketupat yang bisa diterapkan.

1. Cara Merebus Biasa

Bentuk ketupat di Indonesiaketupat Foto: iStock

Ketupat dimasak dengan cara direbus. Kalau menggunakan panci biasa, pilih yang ukurannya besar. Isi kulit ketupat dengan beras hingga 1/2 tinggi ketupat. Didihkan air terlebih dahulu sebelum ketupat dimasukkan.

Setelah air mendidih, barulah masukkan ketupat. Masak ketupat selama 3-5 jam untuk hasil ketupat yang matang sempurna. Kalau air menyusut, tambahkan lagi air panas.

Ketupat yang telah matang akan mengembang dan daunnya beruba warna. Tiriskan ketupat dan angin-anggikan agar air turun dan membuat ketupat jadi kering dan tahan lama.

2. Rebus Pakai Panci Presto

Pressure cooker; photo about stove in the kitchen.Panci presto Foto: iStock

Kalau memasak ketupat dengan panci presto, tentu saja lebih hemat waktu dan gas. Hasil ketupatnya juga empuk pulen. Cara memasaknya sedikit berbeda dengan panci biasa.

Tambahkan air ke dalam panci presto, kemudian masukkan ketupat yang telah diisi beras. Pastikan ketupat terendam sempurna di dalam air. Lalu masak hingga air mendidih, biasanya ditandai bunyi nyaring dari panci presto.

Setelah itu masak terus selama 30 menit dari sejak panci berbunyi. Saat ketupat telah masak sempurna, jangan langsung membuka tutup panci, melainkan keluarkan uapnya terlebih dahulu. Angkat dan tiriskan ketupat.

Baca Juga: Resep Nastar Lumer dan Lembut Anti Retak untuk Suguhan Idul Fitri



Simak Video "Laris Manis! Cangkang Ketupat Diburu Masyarakat Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]