30 Menit di Rest Area Bisa Belanja Oleh-oleh di RA KM 429 Semarang

ADVERTISEMENT

30 Menit di Rest Area Bisa Belanja Oleh-oleh di RA KM 429 Semarang

Riska Fitria - detikFood
Senin, 25 Apr 2022 18:30 WIB
Pusat oleh-oleh di KM 429 Semarang-Solo
Foto: detikcom
Jakarta -

Mudik ke Solo jangan lupa mampir di rest area KM 429 jalan tol Semarang-Solo. Di sana ada pusat oleh-oleh yang tawarkan jajanan khas daerah.

Rest area KM 429 Semarang-Solo dikenal sebagai tol dengan fasilitas lengkap di Jawa Tengah. Bukan hanya itu, rest area ini juga menawarkan pemandangan indah berupa Gunung Ungaran.

Untuk beristirahat, di sana terdapat banyak pujasera dengan berbagai tenant kuliner. Total ada sekitar 45 tenant kuliner yang menempati rest area KM 429 Semarang-Solo.

Bukan hanya itu, jika ingin membawakan buah tangan kamu bisa mampir ke pusat oleh-oleh di sana. Areanya memang tidak terlalu luas, tetapi pilihan jajanan yang ditawarkan terbilang lengkap.

Baca Juga: 5 Seblak Pedas Nampol yang Populer Ini Bisa Dipesan Lewat Ojol

Pusat oleh-oleh di KM 429 Semarang-SoloPusat oleh-oleh di KM 429 Semarang-Solo Foto: detikcom

Tentu saja kebanyakan jajanan yang ditawarkan merupakan kuliner khas daerah Jawa Tengah. Jajanan berupa kerupuk dan keripik paling banyak tersedia di sini.

Kepada detikcom (18/04/22) kasir di sana mengatakan bahwa biasanya pengunjung rest area selalu mencari madu mongso dan jajanan renyah seperti keripik pisang, klanting dan pisang aroma.

"Kalau yang ngarah ke Semarang-Solo yang biasanya bukan jajanan di perjalanan aja ya. Kalau arus balik baru buat oleh-oleh. Banyak yang nyari sih madu mongso," ujar kasir.

Harga yang ditawarkan pun terbilang terjangkau. Misalnya seperti Pisang Aroma Rp 23.000, Belut Goreng Rp 37.000, Lanting atau Klanting seharga Rp 19.000, Emping Jagung Rp 14.000.

Baca Jugal: Rasanya Ngangenin, Ini 5 Laksa di Bogor Berusia Puluhan Tahun

Pusat oleh-oleh di KM 429 Semarang-SoloPusat oleh-oleh di KM 429 Semarang-Solo Foto: detikcom

Selain jajanan renyah, pusat oleh-oleh di rest area KM 429 Semarang-Solo ini juga menawarkan jajanan berupa bakpia pathok khas Yogyakarta dengan berbagai varian.

Lebih lanjut, kasir di pusat oleh-oleh tersebut mengatakan bahwa biasanya tokonya akan ramai ketika menjelang malam hari hingga dini hari.

"Kalau udah malam sampai pagi nanti itu baru ramai, karenanya jam-jam segitu pada istirahat ya jadi sekalian beli-beli oleh-oleh," ujarnya.

Namun karena peraturan baru menyebutkan bahwa batas maksimal pemudik beristirahat di rest area maksimal 30 menit, jadi kamu harus manfaatkan waktu sebaik mungkin ketika berencana belanja oleh-oleh di sini.

Baca Juga: Diajak Makan di Rumah Temannya, Wanita Ini Kaget Disuruh Bayar



Simak Video "Berburu Jajanan di Sentra Oleh-oleh Terlengkap Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT