Semangat Hari Kartini, 5 Nenek 80 Tahun Ini Tetap Eksis Jual Makanan Tradisional

ADVERTISEMENT

Semangat Hari Kartini, 5 Nenek 80 Tahun Ini Tetap Eksis Jual Makanan Tradisional

Devi Setya - detikFood
Kamis, 21 Apr 2022 13:00 WIB
Di Yogyakarta ada sejumlah kuliner yang melegenda, salah satunya kue lupis Mbah Satinem. Bahkan hingga kini kue lupis itu tetap laris manis.
Foto: Gatot Jatmiko

4. Mbah Tuginem


Usia Mbah Tuginem sudah lebih dari 90 tahun namun semangatnya masih membara. Wanita asal Yogyakarta ini setiap hari masih aktif membuat dan menjual tempe di pasar Watuombo, Kulonprogo, Yogyakarta.

Setiap pagi anaknya akan mengantar Mbah Tuginem di pasar lalu siang harinya akan dijemput kembali. Tempe yang dibuat Mbah Tuginem ini masih sangat tradisional, dikemas dengan bungkus daun pisang yang membuatnya harum. Tubuhnya yang sudah renta tak membuat Mbah Tuginem hanya berpangku tangan.

Mangut Lele Mbah Marto: Pedes Nampol Lele Asap Berkuah Merah di YogyakartaMangut Lele Mbah Marto: Pedes Nampol Lele Asap Berkuah Merah di Yogyakarta Foto: detikcom/Riska Fitria

5. Mbah Marto

Mau menikmati mangut lele yang rasanya juara? Coba mampir ke rumah Mbah Marto. Wanita berusia 84 tahun ini sudah lebih dari 60 tahun mengolah mangut lele. Awalnya Mbah Marto menjual makanan ini dengan cara keliling membawa bakul namun karena usianya sudah sepuh, akhirnya ia membuka warung sederhana di rumahnya.

Lokasinya berada di belakang kampus Institut Seni Indonesia (ISI), Yogyakarta. Selain mangut lele, Mbah Marto juga membuat gudeg basah dan sambal krecek. Kalau berkunjung ke rumahnya, kamu akan langsung dipersilahkan masuk pawon alias dapur untuk memilih sendiri menu apa yang mau disantap.



Simak Video "Bikin Laper: Makan Bakso Pakai Sambal Barbar"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT