ADVERTISEMENT

Kue Lebaran

Kriuk Renyah Rengginang, Camilan Idul Fitri yang Punya 5 Fakta Menarik

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 20 Apr 2022 16:30 WIB
Kriuk Renyah Rengginang, Camilan Idul Fitri yang Punya 5 Fakta Menarik
Jakarta -

Selain kue kering, rengginangyang gurih renyahjadi camilan favorit saat Idul Fitri. Camilan tradiisonal ini punya beberapa fakta menarik di baliknya.

Rengginang merupakan camilan tradisional berbahan dasar beras ketan yang dikukus lalu dijemur di bawah terik matahari hingga kering. Setelah itu barulah digoreng hingga menghasilkan tekstur renyah. Camilan khas Sunda ini banyak disajikan saat lebaran.

Dari segi bentuk saja, rengginang sudah berbeda karena bulir beras ketan tampak terlihat jelas yang membuat camilan ini berbeda dari jenis kerupuk lainnya.

Selain itu di beberapa daerah, rengginang juga dikenal dengan jenis yang berbeda. Mulai dari penggunaan beras ketan, ada rengginang yang menggunakan beras ketan hitam hingga kerak nasi.

Bumbunya juga beragam. Rengginang bisa digoreng polos tanpa tambahan bumbu, atau diberikan perasa seperti bumbu asin atau manis menggunakan terasi hingga gula merah.

Seperti rengginang khas Betawi contohnya. Rengginang satu ini bercita rasa asin dan gurih. Namun ada juga varian rengginang yang manis. Varian rengginang manis tersebut populer di Jawa Tengah dengan ukuran lebih besar. Ada rasa manis dan asin. Sementara rengginang dengan rasa terasidikenal di daerah Jawa Timur dan sekitarnya.

Selain rasa dan bentuk kemasan rengginang juga menarik. Penggunaan kaleng biskuit Khong Guan yang lazim dipakai para ibu atau neneksebagai wadah rengginang. Ini karena kaleng biskuit itu punya tutup rapat.

Berikut beberapa fakta seputar rengginang yang menarik disimak.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT