Diterbangkan ke Luar Angkasa, Kebab Ini Malah Jatuh ke Laut

Devi Setya - detikFood
Selasa, 19 Apr 2022 18:00 WIB
Kebab diterbangkan ke luar angkasa
Foto: interesting engineering
Jakarta -

Seorang pemilik restoran kebab di Turki mencoba menerbangkan kebab ke luar angkasa. Sayangnya niat ini tak tercapai karena kebab justru jatuh ke laut.

Bukan hanya astronot saja yang bisa diterbangkan ke luar angkasa, saat ini banyak orang mencoba menerbangkan makanan. Seperti sebuah kebab Turki yang diterbangkan menjauh dari bumi.

Dikabarkan Interesting Engineering (19/4) Yaşar Aydın, pemilik restoran kebab di Adana, Turki Selatan mencoba menerbangkan kebab buatannya. Ia mengandalkan balon yang diisi helium untuk membawa kebab ini terbang tinggi dengan harapan bisa menembus stratosfer dan menuju luar angkasa.

Kebab diterbangkan ke luar angkasaKebab diterbangkan ke luar angkasa Foto: interesting engineering

Yasar Aydin dibantu oleh Albayrak, seorang mahasiswa teknik luar angkasa yang merancang balon untuk membawa kebab ini terbang tinggi.

Kebab merupakan makanan populer asal Adana, terbuat dari daging domba cincang yang dililitkan pada pipa baja. Kebab ini kemudian dimasukkan dalam kotak khusus yang dirancang dengan material kuat agar bisa menahan suhu ekstrem di langit.

Kotak berisi kebab lezat ini kemudian diterbangkan dengan balon helium yang dilengkapi kamera serta alat pelacak lokasi. Kebab ini resmi diluncurkan pada 12 April 2022, bertepatan dengan Hari Internasional Penerbangan Antariksa. Hari ini diperingati untuk mengenang penerbangan pertama astronot yang dilakukan oleh kosmonot Soviet Yuri Gagarin pada 12 April 1961.

Ketika diluncurkan, kebab ini disambut dengan sorak sorai masyarakat yang menyaksikan aksi penerbangan ini. Balon yang membawa kebab ini berhasil terbang selama 3 jam dan mencapai ketinggian 38 kilometer dari permukaan bumi.

Sayangnya, balon ini tak bisa terus terbang tinggi dan justru terdeteksi jatuh di laut Hatay, Provinsi Turki Selatan. Karena dilengkapi alat pelacak lokasi, Aydin dan timnya berhasil menemukan kotak berisi kebab ini.

Mereka terkejut karena sebagian kebab sudah habis dimakan ikan. Melihat misinya mengirim kebab ke luar angkasa ini gagal, Aydin hanya tertawa sambil memberi komentar candaan.

Kebab diterbangkan ke luar angkasaKebab diterbangkan ke luar angkasa Foto: interesting engineering

"Saya pikir alien mengirimnya kembali karena terlalu banyak lada. Saya akan mengirim hidangan dengan lebih sedikit lada lain kali," candanya setelah mengambil kotak itu.

Meskipun gagal di percobaan pertama ini, Aydin mengaku tidak kapok. Ia berencana akan kembali menerbangkan kebab sampai berhasil menembus luar angkasa.

Jika masih mengandalkan balon helium, tampaknya kebab Aydin memang tak akan pernah sampai luar angkasa. Untuk bisa menembus luar angkasa setidaknya objek harus diterbangkan setinggi 100 kilometer dan melintasi garis Karman, yang merupakan batas antara atmosfer bumi dan luar angkasa.



Simak Video "Bikin Laper: Buka Puasa dengan Kebab Khas Yordania"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)