Tips Bikin Brownies yang Enak, Pakai Satu Bahan Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 18 Apr 2022 10:30 WIB
Tips bikin brownies dengan menambahkan garam.
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Brownies sangat enak dinikmati sebagai dessert dengan tambahan es krim. Untuk membuat brownies enak, seorang ahli kue memberikan saran pakai satu bahan ini.

Brownies merupakan jenis cake yang lembap dan cenderung bantay. Sebenarnya brownies tercipta karena produk gagal dari cakecokelat, namun ternyata memiliki rasa yang enak. Akhirnya brownies dikenal sampai sekarang.

Biasanya brownies dinikmati langsung begitu saja. Ada juga yang menambakan topping es krim vanila atau whipped cream. Tipe brownies juga ada 3 yang umum diketahui, yaitu brownies panggang, brownies kukus, dan fudgy brownies yang lumer.

Kebanyakan ahli kue membuat brownies dengan cita rasa yang manis. Namun, penting sekali membuat rasanya seimbang agar terasa lebih nikmat dan tak mudah bosan ketika disantap.

Tips bikin brownies dengan menambahkan garam.Tips bikin brownies dengan menambahkan garam. Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Mantul! Ini 5 Steak Kaki Lima Rasa Bintang Lima yang Viral

Dilansir dari Mashed (13/4), ada beberapa ahli kue yang menyarankan untuk menambahkan garam dalam adonan brownies. Sebenarnya penggunaan garam pada kudapan adalah bahan yang populer, namun banyak juga yang belum memahaminya.

Bon Appetit menjelaskan kalau fungsi garam bukanlah untuk membuat cita rasanya menjadi asin, melainkan untuk menyeimbangkan rasa manis. Bahkan, dapat meningkatkan rasa lezat dari brownies atau dessert lain.

Menurut The Chocolate Journalist, alih-alih menghadirkan rasa asin, garam justru membantu indra pengecap kita merasakan gula manis lebih intens. Ini berfungsi sebagai bahan pendukung untuk membantu rasa utama muncul, terutama jika cokelat yang menjadi bahan utamanya.

Tips bikin brownies dengan menambahkan garam.Tips bikin brownies dengan menambahkan garam. Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: 5 Restoran Timur Tengah Ini Punya Menu Nasi Mandi hingga Uzbuki yang Nikmat

Inilah sebabnya, The Kitchn mengatakan kalau bahan rahasia yang harus selalu ditambahkan ke brownies adalah sejumput garam. Tak hanya ditambakan pada adonan, ahli kue juga merekomendasikan untuk menaburkan lebih banyak garam di atas adonan sesaat sebelum dipanggang dalam oven.

Jenis garam yang direkomendasikan adalah garam laut halus atau rock salt yang kasar bukan garam dapur yang halus. Karena jenis garam laut ini lebih mudah larut daripada garam meja. Selain itu juga akan menyeimbangkan rasa lebih baik.

Baca Juga: Ini Sebabnya Mengapa Banyak Restoran China Tutup Setiap Selasa



Simak Video "Masak Masak: Resep Brownies Teflon"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)