Kreatif Banget! Pria Ini Ubah Kulit Durian Jadi Serabi Petulo Buat Takjil

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 16 Apr 2022 15:05 WIB
Serabi Petulo dari Kulit Durian
Foto: TikTok @urimiji
Jakarta -

Kulit durian biasanya langsung dibuang setelah daging buahnya dimakan. Tapi TikToker satu ini memanfaatkannya untuk bahan serabi petulo yang manis legit.

Durian merupakan buah yang memiliki kulit berduri tajam, daging buahnya berwarna kuning dengan cita rasa yang manis legit. Durian banyak penggemarnya, namun ada juga yang tak menyukainya karena aroma wanginya sangat menyengat.

Banyak jenis durian yang unggulan, salah satunya durian mothong. Durian khas Thailand ini berdaging tebal dan rasa manisnya sangat legit. Biasanya daging buah ini dijadikan kudapan dan kreasi es yang enak.

Untuk kulitnya, biasanya langsung dibuang beitu saja. Tapi di tangan konten kreator TikTok @urimiji, kulit durian itu bisa jadi kudapan yang lezat buat takjil buka puasa.

Telah dikonfirmasi detikFood (14/4), Jimmy dan Michelle sang kreator ini memanfaatkan kulit durian bagian dalamnya menjadi campuran tepung untuk membuat serabi petulo. Jimmy mengungkapkan kalau untuk cita rasa tak begitu berbeda dari penggunaan tepung.

Serabi Petulo dari Kulit DurianSerabi Petulo dari Kulit Durian Foto: TikTok @urimiji

Baca Juga: Ini Sebabnya Mengapa Banyak Restoran China Tutup Setiap Selasa

Kulit durian bagian putihnya itu dipisahkan dari kulit berduri. Kemudian kulit itu dihaluskan dalam blender dengan tambahan tepung beras, santan, air, garam, gula sampai berubah seperti jus.

Setelah itu, jus kulit durian itu dimasak sampai teksturnya mengental. Kemudian ditambahkan tepung tapioka dan dimasak kembali sampai semuanya tercampur rata dan disaring. Selanjutnya ditambahkan pewarna hijau dan kuning untuk mempercantik tampilannya.

Sekilas adonan kulit durian itu seperti tepung beras bisa saja. Lalu adonan dimasukkan ke kantong semprotan kue yang digunting ujungnya dan disemprotkan berulir. Adonan serabi petulo kulit durian itu lalu dikukus. Serabi petulo yang telah siap disajikan dengan saus gula merah yang legit.

Serabi Petulo dari Kulit DurianSerabi Petulo dari Kulit Durian Foto: TikTok @urimiji

Kepada detikFood, Jimmy menceritakan alasannya memilih kulit durian untuk membuat serabi petulo itu. "Kita pakai durian montong. Kan agak mahal tuh Rp 300 ribu, jadi kita research ternyata banyak manfaat dari kulitnya juga," ujar Jimmy.

Baca Juga: 5 Restoran Timur Tengah Ini Punya Menu Nasi Mandi hingga Uzbuki yang Nikmat

"Jadi kulit durian ini berfungsi jadi pengental makanan karena berfungsi seperti tepung ini sudah kita research dulu cari di berbaai sumber. Terus kulit durian itu dicampur tepung beras, air, santan, jadi udah nge-blend," lanjutnya.

Jimmy juga menjelaskan kalau tak ada sensasi rasa aneh. Ia mengurangi takaran tepung beras, lalu digantikan dengan kulit durian.

"Ngga ada rasa aneh sih, jadi takaran tepung beras berkurang digantiin sama kulit durian. Abis diblender kan cair, bisa disaring karena dia berserat," jelas Jimmy.

Serabi Petulo dari Kulit DurianSerabi Petulo dari Kulit Durian Foto: TikTok @urimiji

Selain serabi petulo, Jimmy dan Michelle juga membuat kulit durian goreng. Menurut Jimmy, kulit durian goreng ini lebih keluar aroma wanginya. Jimmy juga menambahkan bumbu rempah yang biasa digunakan untuk chicken wings.

"Kita juga bikin kulit durian goreng. Rasanya seperti singkong atau sukun, ada wangi duriannya tapi tipis aja," ungkap Jimmy.

Video kulit durian yan dijadikan serabi petulo ini mendapatkan perhatian dari netizen. Sampai saat ini sudah ditonton lebih dari 372 ribu kali.

Baca Juga: Mantul! Ini 5 Steak Kaki Lima Rasa Bintang Lima yang Viral



Simak Video "Masak Masak: Resep Serabi Kuah Kinca Nangka"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)