5 Tips Buka Puasa di Restoran, Jangan Lupa Reservasi

ADVERTISEMENT

Rekomendasi Tempat Buka Puasa

5 Tips Buka Puasa di Restoran, Jangan Lupa Reservasi

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 16 Apr 2022 13:00 WIB
Tips Buka Puasa di Restoran
Foto: Getty Images/iStockphoto/BrianAJackson
Jakarta -

Berniat buka puasa di restoran? Jangan samakan dengan makan di hari biasa karena jelang maghrib hampir seluruh restoran akan penuh.

Mumpung akhir pekan, kamu bisa memanfaatkan waktu dengan buka puasa di luar. Misalnya bersama teman atau keluarga. Pastikan momen buka puasa ini menyenangkan karena bisa menjalin silaturahmi sekaligus melepas penat.

Ketika hendak buka puasa di restoran, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya, kamu sebaiknya melakukan reservasi tempat sebelum waktu kedatangan. Hal ini membuat kamu tidak perlu berebut tempat makan saat waktu buka puasa sudah hampir tiba.

Datang juga tepat waktu agar bisa nyaman ketika berbuka puasa. Pastikan juga restoran yang kamu sambangi ini memiliki menu berbuka puasa yang lengkap.

Berikut tips bukber yang bisa kamu lakukan agar makan bersama lebih nyaman:

1. Lakukan pemesanan tempat


Tempat makan sudah pasti penuh ketika menjelang waktu berbuka puasa. Ada baiknya kamu melakukan reservasi agar tempat makan kamu sudah dipersiapkan. Apalagi jika kamu berniat bukber dengan jumlah orang yang banyak.

Lakukan pemesanan tempat minimal H-1 karena jika di hari H beberapa restoran biasanya sudah penuh, terutama untuk restoran yang sedang populer. Tapi sebelum melakukan pemesanan tempat, pastikan acara bukber sudah ditentukan ya karena biasanya pihak restoran akan meminta sejumlah biaya.

Ketika sudah memesan tempat, kamu juga bisa sekaligus memesan menu makanan jadi ketika waktunya berbuka, kamu dan keluarga atau teman-teman tak perlu menunggu dalam waktu yang lama.

Tips Buka Puasa di RestoranTips Buka Puasa di Restoran Foto: Getty Images/iStockphoto/BrianAJackson



2. Pilih restoran yang luas dan fasilitas lengkap

Jika kamu berniat melakukan bukber dengan jumlah orang lebih dari 10, usahakan memilih restoran yang punya area luas. Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa leluasa ketika hendak ngobrol sehingga tak mengganggu pengunjung lain. Juga tetap menjaga protokol kesehatan.

Pastikan juga resto memiliki fasilitas lengkap seperti misalnya terdapat mushola dan area bermain anak jika acara bukber juga dihadiri anak-anak. Kamu bisa memilih restoran lesehan ataupun berkonsep outdoor agar suasana berbuka puasa semakin akrab.

3. Menu Ramadan

Periksa juga apakah restoran memiliki menu khusus ramadan. Tentunya ini menjadi nilai tambah karena hidangan yang disajikan akan lebih istimewa. Selain itu juga, jika restoran memiliki menu ramadan kamu bisa menikmati takjil.

Restoran yang menyediakan menu spesial ramadan juga biasanya memiliki tawaran harga yang lebih murah. Takjil seperti teh manis hangat, kurma dan kolak pun biasa disediakan sebagai bonus atau gratis.

4. Datang Tepat Waktu

Meskipun sudah melakukan pemesanan tempat, usahakan datang tepat waktu. Biasanya waktu ideal untuk kumpul bukber adalah pukul 17.00. Kamu bisa memanfaatkan waktu dengan mengobrol atau memesan makanan sambil menunggu waktu berbuka.

Jika terlalu dekat waktu maghrib, maka bukber akan terasa kurang nyaman. Pasalnya saat maghrib tiba, semua akan sibuk fokus pada makanan masing-masing sehingga kurang waktu untuk ngobrol santai.

Tips Buka Puasa di RestoranTips Buka Puasa di Restoran Foto: Getty Images/iStockphoto/BrianAJackson


5. Tetap terapkan prokes

Meskipun pemerintah sudah melonggarkan aturan terkait PPKM, tapi tak ada salahnya untuk tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes). Karena ini demi menjaga kesehatan bersama, jangan sampai acara bukber ini justru menjadi hal yang mengecewakan dikeesokan harinya.

Tetap menjaga jarak, kenakan masker, kurangi kontak fisik dan selalu menjaga kebersihan. Jika merasa sedang tidak enak badan, sebaiknya urungkan niat untuk berkumpul dan buka puasa bersama karena kesehatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan.



Simak Video "Tempat Bukber Asyik Nuansa Rote dengan Pizza Sei Sapi Khas NTT"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT