Rekomendasi Tempat Makan

5 Bubur 'Sultan' Rasa Mewah Harganya Capai Ratusan Ribu Rupiah!r

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 16 Apr 2022 10:00 WIB
Bubur Cap Tiger Mangga Besar
Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Bubur identik sebagai menu sarapan murah meriah yang merakyat. Tapi di beberapa tempat, bubur jadi sajian mewah yang harganya mencapai ratusan ribu rupiah.

Sama seperti mie ayam, tumis kangkung hingga pempek, walau makanan tradisional ini terbilang cukup murah dan mudah ditemukan di mana saja. Namun di beberapa tempat makan tertentu, harganya jadi melambung tinggi karena kualitas bahan yang digunakan, sampai gaya penyajiannya.

Begitu juga dengan menu bubur. Sajian ikonik yang bisa dimakan saat sarapan atau malam hari ini biasanya memiliki kisaran harga Rp 10 ribu saja per porsinya, jika kita memesan bubur ayam gerobak di pinggir jalan.

Bagi yang penasaran dengan rasa bubur mahal kelas 'Sultan', lima tempat ini menyajikan menu bubur dari gaya tradisional sampai Oriental yang harganya selangit, namun sebanding dengan rasanya.

Berikut daftar tempat makan bubur sultan di Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga: Harga Sultan! Jangan Kaget Kalau Makan Mie Ayam di 5 Tempat Ini" selengkapnya


1. Bubur Cap Tiger

Bubur Cap Tiger Mangga BesarBubur Cap Tiger Mangga Besar Foto: dok. detikFood

Di tengah banyaknya restoran dan kafe mewah, daerah Senopati, Jakarta Selatan juga punya tempat makan bubur mahal yang kekinian dan diburu banyak anak muda. Namanya Bubur Cap Tiger, menyajikan menu bubur klasik yang dibawa langsung dari Mangga Besar.

Salah satu menu bubur yang harus dicoba di sini adalah Bubur Merah Ayam (Rp 45.000), di sini bubur dibuat menggunakan beras merah. Bubur ini jauh lebih sehat dan jadi ciri khas di restoran ini.

Sebagai pelengkap ada Telur Pitan (Rp 22.000) dan Ayam Kampung Setengah Ekor (Rp 220.000), yang bisa dibagi menjadi dua bagian. Direbus dan dipanggang. Dua ayam ini diolah dengan bumbu khusus, dan dipadukan dengan minyak wijen serta sawi asin. Jadi kalau mau makan bubur dengan topping ayam kampung di sini, minimal harus siapkan budget sekitar Rp 300.000.

2. Bubur Kwang Tung

Congee, Rice porridge with minced pork, boiled egg and century egg, great for breakfast.Bubur enak. Foto: iStock

Di barisan tempat makan bubur legendaris yang hits di Jakarta, ada Bubur Kwang Tung yang punya beberapa cabang di Jakarta. Salah satunya di Pecenongan yang buka selama 24 jam. Pilihan bubur ala Kanton di sini lebih beragam, tak hanya bubur ayam saja.

Ada bubur sapi cincang, bubur kerapu, bubur gurame, bubur scallop, bubur seafood dan yang paling mahal ada bubur abalone dengan ayam seharga Rp 225.000 per porsi, belum dengan tambahan lauk pendampingnya. Menu yang paling murah ada bubur polos tanpa topping dan isian apapun seharga Rp 30.000.

Sementara lauk pelengkapnya yang paling laris ada Ayam Putih Hong Kong 1 ekor seharga Rp 228.00, dan Bebek Panggang 1 ekor seharga Rp 300.000. Kisaran makan bubur di sini, harus siapkan budget sekitar Rp 500.000 kalau mau makan kenyang dan puas.

3. SANKI

Ada di Senopati, Mangga Besar, Gandaria sampai Pondok Pinang. Restoran Chinese food yang satu ini tak kalah populer dari tempat makan bubur mewah lainnya. Pilihan buburnya banyak, lauk pendamping serta menu makanan Chinese foodnya bervariasi.

Menu yang paling laris ada bubur ikan dengan telur harganya Rp 44.000. Belum dengan tambahan Cakwe Rp 11.000 dan telur pitan Rp 20.000. Sementara untuk lauk ayam rebusnya dengan taburan bawang putih goreng satu ekornya sekitar Rp 170.000.

Ada juga pilihan menu sayuran, sapo tahu, fuyunghai, nasi goreng sampai sapi bistik. Untuk kisaran budget makan bubur di sini sekitar Rp 250.000.



Simak Video "Uniknya Santap Bubur Bakar Pakai Kendil di Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]