Makanan Ini Terbengkalai Karena Pelanggan Ogah Beri Uang Tip untuk Pengantar Makanan

Devi Setya - detikFood
Kamis, 14 Apr 2022 16:30 WIB
Paket Makanan Terbengkalai
Foto: TikTok @mrpanda1688
Jakarta -

Puluhan paket makanan terbengkalai selama berjam-jam karena tak ada satupun driver pengantar makanan yang mau membawa. Penyebabnya karena pelanggan tidak memberikan uang tip.

Uang tip sebenarnya bukanlah biaya yang wajib dibayar pelanggan. Tapi petugas pengantar makanan ini tampaknya mengharapkan uang tambahan. Alhasil karena tak ada uang tip, makanan pun tidak diantar ke alamat pelanggan.

Dikabarkan Today (14/4) sebuah video yang dibagikan lewat akun Tiktok menjadi viral setelah memperlihatkan paket makanan yang dibiarkan begitu saja. Video ini direkam oleh seorang driver pengantar makanan yang menyebut bahwa makanan ini sudah didiamkan selama lebih dari 4 jam tanpa ada yang mau mengantar.

Paket Makanan TerbengkalaiPaket Makanan Terbengkalai Foto: TikTok @mrpanda1688

Pemilik akun TikTok dengan nama Steven Liang ini bekerja di perusahaan pengantar makanan DoorDash. Ia menunjukkan makanan yang hendak diantarnya. Sebelum membawa paket makanan ini, Steven mengatakan tidak ada petugas pengantar makanan yang mau mengantar makanan ini karena si pemesan makanan ogah memberikan uang tip.

"Ini telah terbengkalai di sini selama 4 jam karena tidak ada dasher (pengantar makanan) yang akan menerima pesanan tanpa uang tip," tulisnya di video. "Tidak ada tip, tidak ada perjalanan. Saya diberitahu bahwa tidak ada dashers/Uber eats/grubhub yang datang untuk mengantarkan pesanan."

Tampak ada puluhan bungkus makanan yang didiamkan begitu saja menunggu pengantar makanan membawanya ke pelanggan. Seluruh pelanggan ini tidak memberikan uang tip jadi driver ogah membawanya.

Video yang sudah disaksikan lebih dari 5 juta kali ini langsung viral dan menuai komentar netizen. Ada yang membela aksi yang dilakukan pengantar makanan namun ada juga yang membela para pemesan makanan.

"Budaya memberi tip di luar kendali," tulis seorang komentator.

"Kita harus menghentikan kebiasaan memberi tip sebelum layanan selesai," tulis yang lain.

"Saya seorang pengantar makanan dan saya juga tidak akan mengantarkan makanan tanpa uang tip," sahut netizen.

Tips Agar Pesanan Makanan Online dari Restoran Lebih SehatIlustrasi makanan online Foto: Getty Images/Xsandra

Liang yang tinggal di San Francisco enggan memberikan komentar maupun penjelasan. Ia hanya merekam kejadian yang ia lihat dan alami.

Terkait uang tip untuk driver pengantar makanan. Sebenarnya aplikasi pemesanan makanan online sudah mengatur secara teknis terkait lokasi restoran, alamat pemesan makanan, biaya antar hingga total biaya yang dibebankan untuk jarak tempuh. Di samping itu, pelanggan bisa memberikan uang tip sebagai ucapan terima kasih. Namun uang tip ini bukanlah biaya yang wajib dibayar.

Pihak penyedia layanan pengantar makanan DoorDash dan Uber Eats mengatakan uang tip seluruhnya adalah hak para driver. Penyedia layanan sama sekali tidak memotong biaya ini. Jadi kemungkinan para driver ini mengharapkan uang tambahan sebelum mengantarkan makanan.

Padahal tanpa uang tip dari pelanggan, para pengantar makanan ini sudah mendapatkan bayaran yang sesuai dengan jarak tempuh. Namun pendapatannya ini dipotong untuk biaya penyedia layanan.



Simak Video "Bikin Laper: Mencicipi 3 Makanan Khas Daerah Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)