Ikut Meriahkan Ramadan, Maharani Kemala Borong Takjil di Kampung Jawa Bali

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 14 Apr 2022 13:30 WIB
Ikut Meriahkan Ramadan, Maharani Kemala Borong Takjil di Kampung Jawa Bali
Foto: YouTube Maharani Kemala
Bali -

Meski bukan seorang muslim, Maharani Kemala ikut gembira dengan datangnya ramadan. Ia tak segan menemani asistennya yang muslim untuk berburu takjil enak di pemukiman muslim, Kampung Jawa di Bali.

Ramadan di Indonesia selalu punya kisah menarik, termasuk wujud toleransi antarumat beragama di sini. Penduduk nonmuslim di Indonesia biasanya turut bersuka cita dengan datangnya bulan suci ini.

Tak jarang, mereka ikut larut dalam keseruan berburu takjil layaknya seorang muslim yang hendak buka puasa. Hal inilah yang ditunjukkan Maharani Kemala melalui unggahan YouTube (12/4/2022).

Pengusaha MS Glow ini menemani dua asistennya yang muslim, Krisna dan Mas Pur, untuk 'ngabuburit' sambil jajan takjil. Mereka menyambangi Kampung Jawa di Desa Wanasari, Tabanan.

Ikut Meriahkan Ramadan, Maharani Kemala Borong Takjil di Kampung Jawa BaliDesa Wanasari yang terkenal sebagai Kampung Jawa di Bali 'berubah' menjadi sentra takjil yang ramai pada sore hari. Foto: YouTube Maharani Kemala

Suasana pasar takjil di Bali ini terlihat amat meriah. Terlihat dalam sebuah gang panjang berisi puluhan penjaja takjil di sisi kanan dan kiri jalan. Maharani dan dua asistennya langsung 'lapar mata' melihat ragam takjil gurih dan manis yang dijual.

Pertama, Maharani membeli bubur manis seperti candil, biji salak, dan bubur mutiara. Jajan bubur seharga Rp 15 ribu, ia memberikan Rp 100 ribu. "Dibawa saja Pak uangnya (tidak usah dikembalikan)," katanya.

Lanjut, Maharani jajan es cincau dan es jeruk seharga Rp 6 ribuan per buah. Ia membeli sampai 7 gelas! Geser ke tukang gorengan, Maharani tak lewatkan beli samosa. "Di sini terkenal samosa-nya. Aku mau nyobain sekarang cuma nggak enak, mereka puasa, aku nggak," katanya sambil tertawa.

Donat kentang, tempe goreng, aneka pepes, hingga tahu sumedang tak ketinggalan ia borong. Selanjutnya Maharani menyusuri jalan Kampung Jawa hingga ke bagian tak bertenda yang ternyata juga masih penuh penjual makanan!

Ikut Meriahkan Ramadan, Maharani Kemala Borong Takjil di Kampung Jawa BaliMaharani Kemala antusias jajan takjil, borong risoles aneka isian. Foto: YouTube Maharani Kemala

Ia tergoda beli risoles aneka isian dan crepes di pinggir jalan. Di sini dirinya banyak berbincang-bincang dengan penjual makanan. "Pokoknya entar kita balik lagi ke sini buat gantian beli yang lain," katanya usai menunjukkan banyak makanan yang sudah dibeli.

Di rumah, Maharani membongkar semua belanjaan makanannya. Ia dan asistennya juga mencicipi satu per satu makanan yang mereka beli. Suasananya begitu meriah karena meja makannya dipenuhi piring-piring makanan.

Maharani tak segan berbincang-bincang dengan pegawainya. "Ini pepes cumi, cuminya 1 biji," katanya sambil berseloroh. Ia juga meminta anaknya, Daren ikut mencicipi makanan yang ada. Donat kentang jadi favorit Daren.

Ikut Meriahkan Ramadan, Maharani Kemala Borong Takjil di Kampung Jawa BaliSaat di rumah, Maharani Kemala cicip ceker ayam yang ia beli di pasar takjil. Foto: YouTube Maharani Kemala

Lanjut cicip ceker ayam, Maharani menegaskan dirinya berani dan tidak geli menyantap olahan kaki ayam itu. Ia bahkan berani menyedot kaki ayam itu. Sayangnya Daren tak memperbolehkan ia makan ceker ayam lebih lanjut.

"Semua takjil-takjilnya enak ya. The best of the best. Best, best, best," kata Maharani. Momen mereka mencicipi ragam makanan takjil pun sudah dilihat lebih dari 279 ribu kali.

Banyak netizen memuji Maharani yang menunjukkan toleransi terhadap muslim yang sedang puasa. "Ikut happy melihat Mami belanja-belanja makanan dan memberi uangnya lebih. Sangat menginspirasi banyak orang dan mami juga bertoleransi dengan agama lain dan selalu baik dengan pegawai-pegawainya," kata seorang netizen.



Simak Video "Berburu Menu Buka Puasa di Kawasan Kuliner BKT"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)