Tips Bikin Sop Ayam yang Berkuah Bening Gurih Enak

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 13 Apr 2022 11:30 WIB
Tips Masak Sop Ayam
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Sop ayam bisa jadi menu buka puasa karena memberikan gurih hangat. Kalau ingin memasak sop ayam berkuah bening gurih, Ini tipsnya.

Olahan daging ayam sangat populer di Indonesia. Salah satunya dijadikan sop ayam dengan tambahan sayuran yang kuahnya bening gurih.

Biasanya orang memasak sop ayam menggunakan potongan daging ayam utuh maupun fillet ayam. Namun ternyata pemilihan daging ayam yang tepat juga dapat menentukan cita rasanya.

Baca Juga: Viral Netizen Bagikan Kisah Penjual Kue Putu yang Diduga Intel

Dilansir dari Mashed (11/4), beberapa chef mengungkapkan kalau sering terjadi kesalahan saat memasak sop ayam. Salah satunya pemilihan jenis potongan daging ayam yang salah.

Tips Masak Sop AyamTips Masak Sop Ayam Foto: Getty Images/iStockphoto

Bagian daging ayam sendiri ada dua jenis, daging putih dan daging kecokelatan. Daging putih meliputi dada ayam, sedangkan daging kecokelatan yaitu bagian paha ayam. Jenis daging putih memiliki serat, sedangkan daging yang kecokelatan lebih berlemak dan juicy.

Jenis potongan daging ayam yang cocok dijadikan sop ayam adalah bagian daging paha ayam. Bagian daging ayam ini bisa rasa gurihnya lebih kuat. Menurut Kitchn, daging paha ayam lebih juicy dan beraroma gurih daripada dada ayam dan kuah kaldunya lebih enak dan gurih.

Baca Juga: 4 Restoran Sushi Halal Bersertifikat MUI Ini Cocok Buat Buka Puasa

Tips Masak Sop AyamTips Masak Sop Ayam Foto: Getty Images/iStockphoto

Menurut MasterClass, daging berwarna kecokelatan mengandung lebih banyak serat merah, kandungan lemaknya lebih banyak daripada daging bagisn dada. Ini karena daging berwarna kecokelatan ada di sekitar kaki ayam. Di bagian itu serat daging lebih kasar Karena dipakai ayam untuk berdiri dan bergerak. Sedangkan, daging bagian dads lebih sedikit lemaknya dan halus seratnya.

Walau daging paha aym lebih enak dijadikan sop, bukan berarti daging dada rasanya kurang enak. Kamu tetap bisa menggunakannya sebagai campuran. Untuk mendapatkan rasa gurih kaldu sop, selain paha ayam tambahkan ceker, sayap atau tulang rongkong ayam agar lebih gurih rasanya.

Baca Juga: Kinder Joy Ditarik BPOM, Ini 5 Kejadian Unik Pembelian Kinder Joy



Simak Video "Bikin Laper: Hangat Nan Empuk Sop Dada Pechok"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)