Jamur Ternyata Bisa Ngobrol dan Merekam 50 Kata, Ini Hasil Penelitiannya

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 12 Apr 2022 15:00 WIB
Fresh mushrooms cooking
Foto: Getty Images/iStockphoto/goir
Jakarta -

Fakta menarik tentang jamur baru saja ditemukan. Selain menyimpan banyak manfaat kesehatan dan rasanya yang enak, jamur ternyata bisa ngobrol!

Selama ini jamur dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang diolah menjadi berbagai jenis masakan. Terutama di hidangan vegetarian, yang menggunakan jamur sebagai pengganti protein hewan dan daging.

Jamur beragam jenisnya, ada yang bermanfaat sampai yang berbahaya untuk tubuh. Begitu juga dengan kisaran harganya, mulai dari jamur sultan sekelas truffle sampai jamur populer seperti enoki.

Dilansir dari Times of India (11/04), jamur ternyata bisa ngobrol atau berbicara ke satu sama lain. Mereka bahkan bisa merekam hingga 50 kata.

Baca Juga: Rutin Makan Jamur Bisa Turunkan Risiko Depresi, Ini Penjelasan Peneliti" selengkapnya


Berikut beberapa fakta menariknya.

1. Penelitian Jamur Bisa Berbicara

jamur shitakejamur Foto: Getty Images/iStockphoto/chengyuzheng

Studi tentang jamur yang bisa berbicara ini melibatkan empat jenis jamur berbeda, yang diteliti langsung oleh Profesor Andrew Adamatazky, dari University of the West of England.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa mereka melihat adanya klaster yang mirip seperti kata-kata manusia, bahkan jumlahnya hingga 50 kosakata. Kosakata atau informasi ini kemudian disalurkan sepanjang akar jamur yang disebut miselium.

Penelitian ini menjelaskan bahwa jaringan impuls (efek) elektrik yang ada di jamur, secara struktur mirip dengan ucapan manusia dan menyerupai puluhan kosakata. Impuls ini meningkat saat kayu yang terdapat di jamur, bergesekan dengan kayu lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa jamur menggunakan transmisi elektrik untuk berbagi informasi tentang makanan hingga cedera.

2. Proses Penelitian

Untuk meneliti apakah jamur benar-benar bisa berinteraksi satu sama lain, peneliti menggunakan empat jenis jamur berbeda. Seperti jamur enoki, split gill, ghost dan caterpillar fungi.

Penelitian yang sudah diterbitkan dalam Royal Society Open Science ini memang belum pasti. Sesuai keterangan dari Profesor Adamatzky, yang mengatakan bahwa dia belum yakin apakah ada hubungan langsung antara jaringan dalam jamur ini dan dengan ucapan manusia.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Camilan dari Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]