Cicipi Usus Goreng dan Keripik Paru, Begini Ekspresi 3 Bule di Belanda

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 10 Apr 2022 13:00 WIB
Cicipi Usus Goreng dan Keripik Paru, Begini Ekspresi 3 Bule di Belanda
Foto: TikTok @Jerhemy Owen
Jakarta -

Usus goreng, emping, hingga keripik paru adalah camilan tradisional favorit banyak orang Indonesia. Nah, bagaimana ya kalau para bule coba mencicipi camilan itu? Apakah mereka bakal suka?

Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Dari kategori makanan ringan, ada berbagai keripik dan kerupuk yang menarik dicoba. Bahan-bahannya kadang terdengar ekstrem untuk orang-orang luar negeri.

Salah satunya usus goreng yang dibuat dari usus ayam yang digoreng kering bersama tepung bumbu. Lalu ada kerupuk kulit dari kulit hewan seperti sapi dan kerbau, hingga keripik paru yang tak ubahnya potongan paru-paru sapi yang dikeringkan.

Cicipi Usus Goreng dan Keripik Paru, Begini Ekspresi 3 Bule di BelandaJerhemy Owen mengajak 3 teman bulenya mencicipi camilan tradisional Indonesia. Foto: TikTok @Jerhemy Owen

Mahasiswa Indonesia yang tinggal di kota Breda, Belanda yaitu Jerhemy Owen membawa semua camilan tradisional unik ini ke sana. Ia lalu beride meminta teman-teman bulenya untuk mencicipi camilan ini. Keseruannya diunggah Jerhemy di akun TikToknya, @Jerhemy Owen.

Pertama, ia memperkenalkan emping pedas. Reaksi pertama orang Ekuador begitu menggigitnya adalah langsung tak tahan pedas. Lanjut ke orang Italia, dia bilang kalau emping pedas punya rasa yang aneh. Lalu orang Dubai terlihat santai memakannya. Penilaian mereka akan emping pedas adalah 7, 6, dan 8.

Kedua, Jerhemy membawa kerupuk kulit sapi. "Mereka nggak pernah lihat ini apa," kata Jerhemy. Di balik teksturnya yang renyah, orang Dubai menilai rasa kerupuk kulit tidak enak. Pendapat serupa dilontarkan bule Italia yang mendeskripsikan kerupuk kulit "sangat tidak enak". Uniknya, bule Ekuador malah suka kerupuk kulit. Nilainya, 3, 3, dan 9!

Cicipi Usus Goreng dan Keripik Paru, Begini Ekspresi 3 Bule di BelandaBule Ekuador ini terlihat menyukai kerupuk kulit khas Indonesia. Foto: TikTok @Jerhemy Owen

Ketiga, ada abon sapi khas Indonesia yang dicicipi ketiga bule ini. Mereka terlihat ragu mencicipi abon karena teksturnya yang berserat. "Dari bentuknya, mereka kira abon itu rambut-rambut binatang," tutur Jerhemy. Namun soal rasa, mereka semua ternyata menyukainya. Mereka bilang rasa abon sapi manis dan enak!

Dalam video selanjutnya, Jerhemy membawa camilan tradisional Indonesia yang lebih esktrem Ada usus goreng dan keripik paru untuk 3 temannya yang asal Ekuador, Italia, dan Dubai ini.

Pertama, mereka cicip keripik paru. Terlihat bule Italia memberikan ekspresi aneh sampai menutup matanya. Sementara orang Dubai mengatakan rasa keripik paru tidak enak. Baru kemudian bule Ekuador yang memberi ekspresi datar.

Cicipi Usus Goreng dan Keripik Paru, Begini Ekspresi 3 Bule di BelandaEkspresi kaget dua teman Jerhemy setelah tahu keripik paru terbuat dari paru-paru sapi. Foto: TikTok @Jerhemy Owen

Begitu Jerhemy memberi tahu kalau keripik paru terbuat dari paru-paru sapi, ketiganya langsung kaget. Mereka pun memberi nilai kecil untuk rasa keripik paru.

Sementara untuk usus ayam goreng kering, Jerhemy memilih sebagai camilan favoritnya. Ia pun penasaran bagaimana penilaian ketiga teman bulenya akan rasa keripik usus.

Mereka ternyata bilang usus goreng lebih tidak enak dari keripik paru! Orang Italia bahkan sampai kumur-kumur usai memakannya. "Bahkan ini orang Italia langsung kumur-kumur dan hampir muntah. Kasihan banget," kata Jerhemy.

Cicipi Usus Goreng dan Keripik Paru, Begini Ekspresi 3 Bule di BelandaBule Italia ini hampir muntah usai cicip keripik usus alias usus goreng. Foto: TikTok @Jerhemy Owen

Di akhir video, tiga bule ini menentukan favoritnya. Orang Ekuador paling suka kerupuk kulit, orang Dubai suka emping pedas, dan orang Italia suka abon sapi.

Dua video Jerhemy mengenai tantangan makan ini mendapat banyak perhatian netizen. Buktinya kedua video ini ditonton lebih dari 6 juta kali. Banyak netizen Indonesia memberikan komentar.

"Bisa-bisanya nggak suka kerupuk kulit," kata seorang netizen. "Anjir nggak suka keripik usus," sahut netizen lainnya. Mereka pun menyarankan agar Jerhemy memberi tantangan makanan Indonesia lain seperti nasi padang dan seblak.



Simak Video "Menjajal Meriahnya Rasa Kue Mipan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)