Ini 5 Telur Goreng Unik dari Mancanegara yang Populer Gurihnya

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 09 Apr 2022 07:00 WIB
Talua Barendo Nasi Kapau Juragan
Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Telur goreng makanan universal yang banyak jenis dan ragamnya di berbagai negara. Bentuknya juga unik, dan pastinya ada kisah menarik di baliknya.

Bagi penggemar hidangan telur, orang Indonesia pasti sudah familiar dengan kreasi telur dadar dan telur ceplok aneka bumbu. Tapi ternyata menu kreasi telur goreng ini banyak yang unik di negara lain.

Misalnya di Sri Lanka, terkenal dengan kreasi Egg Hopper. Kreasi telur goreng ini lebih mirip seperti kue serabi khas Bandung, bagian telurnya krispi, namun kuning telurnya terlihat jelas.

Ada juga telur dadar lembut seperti kapas asal Jepang, yang disebut dengan nama Tamagoyaki. Sajian ini terdiri dari irisan telur tebal yang enak tapi tetap fluffy.

Dilansir dari Insider berikut 5 kreasi telur goreng unik di berbagai negara.

Baca Juga: Kontroversi yang Mengiringi Kepopuleran Rendang sebagai Makanan Terenak di Dunia" selengkapnya


1. Brik

Ini 5 Telur Goreng Unik dari Mancanegara yang Populer GurihnyaIni 5 Telur Goreng Unik dari Mancanegara yang Populer Gurihnya Foto: SiteStock

Kalau jalan-jalan ke Tunisia, di sini ada kreasi telur goreng namanya Brik. Tampilannya lebih mirip seperti samosa yang digoreng terlalu kering, karena bentuknya tidak mirip seperti telur goreng lainnya.

Brik ini punya tekstur tipis, ketika digigit sangat renyah dan 'flaky' seperti pastry. Bagian dalam telur biasanya diisi dengan berbagai campuran bahan makanan seperti pangsit. Salah satunya ada potongan telur, ikan tuna, daun parsley, bawang bombay dan harissa.

Selain tampilannya yang unik, kreasi telur goreng ini biasa disajikan dengan parutan keju di atasnya sebagai pelengkap. Pastinya rasanya gurih enak, dan renyah untuk camilan.

2. Egg Hopper

Ini 5 Telur Goreng Unik dari Mancanegara yang Populer GurihnyaIni 5 Telur Goreng Unik dari Mancanegara yang Populer Gurihnya Foto: SiteStock

Ke Sri Lanka ada Egg Hopper, menu makanan kaki lima yang populer karena rasanya yang enak, gurih serta harganya yang cukup terjangkau dan mengenyangkan. Bahan dasarnya tetap menggunakan telur.

Yang membuatnya unik, tampilan Egg Hopper ini lebih menyerupai seperti pancake, dan serabi dibandingkan telur dadar pada umumnya. Menu yang satu ini memang tidak seluruhnya mengandalkan telur saja.

Melainkan menggunakan campuran adonan dari tepung beras dan sedikit santan. Kemudian bagian dalamnya baru dipecahkan telur, jadi telur goreng ini matangnya di atas adonan Egg Hopper.

3. Tamagoyaki

Ini 5 Telur Goreng Unik dari Mancanegara yang Populer GurihnyaIni 5 Telur Goreng Unik dari Mancanegara yang Populer Gurihnya Foto: SiteStock

Telur dadar mungkin sudah biasa, tapi kalau di Jepang, telur dadar tampil istimewa dan dikenal dengan nama Tamagoyaki. Sajian yang satu ini merupakan omelet ya g digulung lalu dipotong melintang dan dinikmati sebagai menu sarapan atau topping sushi.

Rasanya lembut, gurih dengan semburat manis. Meskipun terlihat sulit, asal tahu triknya omelet ini tak sulit dibuat. Karena hanya dibutuhkan skill untuk membuat lapisan-lapisan tipis telur dadar kemudian digulung bersamaan.

Teksturnya sudah pasti lembut, dan lebih creamy, mirip seperti tekstur telur setengah matang namun tidak amis sama sekali.



Simak Video "Icip-icip Bakso Ikan Telur Asin Ahan Khas Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]