Ini 5 Keutamaan Memberi Makanan Buka Puasa, Pahala Berlipat Ganda

ADVERTISEMENT

Ini 5 Keutamaan Memberi Makanan Buka Puasa, Pahala Berlipat Ganda

Devi Setya - detikFood
Jumat, 08 Apr 2022 11:00 WIB
Ajaran Rasulullah SAW Tentang Berbagai Makanan dengan Tetangga
Foto: Getty Images/iStockphoto/kuarmungadd
Jakarta -

Orang yang menjalankan ibadah puasa tentunya akan mendapatkan pahala. Terlebih lagi bagi mereka yang memberi makanan buka puasa, pahalanya akan berlipat ganda.

Pahala memberi makanan kepada orang yang berpuasa adalah sebesar pahala orang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang diberi makan itu. Jadi sedekah makanan pada orang yang berpuasa tentu menjadi amalan yang bisa dilakukan untuk mendulang pahala.

Tak heran saat bulan Ramadan akan banyak yang membagikan takjil. Pahala itu tetap didapat meskipun hanya mampu memberi sebutir kurma atau seteguk air putih saja.

Dalam beberapa hadits Rasulullah SAW juga pernah menjelaskan keutamaan orang yang memberikan makanan buka puasa.

Berikut beberapa keutamaan orang yang memberikan makanan buka puasa:

1. Mendapat pahala setara orang yang berpuasa

Orang yang memberikan makanan untuk orang yang sedang berpuasa akan mendapatkan pahala setara dengan pahala orang yang berpuasa. Jika kamu berpuasa, lalu memberikan makanan buka puasa maka pahala yang didapat akan berlipat.

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192, Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Ikuti Adab Makan dalam Islam Agar Kenyang dan Berlimpah PahalaIlustrasi makan bersama Foto: Getty Images/iStockphoto/CreativaImages

2. Mendapat jaminan surga

Memberi makanan bagi orang yang berpuasa memang terkesan sederhana tetapi ganjarannya surga. Makanan yang dibagikan tidak harus mewah dan banyak, asalkan ikhlas maka akan membawa kebaikan.

Dari 'Ali bin Abu Thalib ra , beliau berkata, Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya."Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata, "Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?" Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, "Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan salat pada malam hari di waktu manusia pada tidur." (HR Tirmidzi)

3. Didoakan para malaikat

Rasulullah SAW pernah berbuka puasa di rumah salah seorang kerabatnya. Beliau menyantap beberapa makanan yang disuguhkan. Lalu Rasulullah SAW bersabda, bahwa makanan yang disuguhkan untuk berbuka puasa ini akan membawa para malaikat mendoakan orang yang menyajikan makanan.

Dari Abdullah bin Zubair bahwa saat Rasulullah SAW berbuka di rumah Sa'ad bin Mu'adz, Nabi bersabda:

"Orang-orang berpuasa telah berbuka di rumahmu, makanan kalian dikonsumsi oleh orang-orang baik, dan malaikat mendoakan Rahmat bagimu"



Simak Video "KuTips: Resep Es Susu Kurma Tanpa Blender untuk Takjil! "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT