Berusia 1200 Tahun, Pub Tertua di Inggris Batal Ditutup

Devi Setya - detikFood
Senin, 04 Apr 2022 13:30 WIB
Pub Tertua di Inggris
Foto: Food and Wine
Jakarta -

Di Inggris ada sebuah pub yang sudah berusia 1200 tahun. Pub ini awalnya sempat ingin tutup karena bangkrut, namun batal setelah mendapat bantuan biaya operasional.

Pub merupakan singkatan dari Publik House, sebuah tempat yang menyediakan minuman untuk dikonsumsi pelanggan. Pub merupakan tempat minum yang umum dijumpai di Inggris.

Dilansir dari Food and Wine (3/4) sebuah pub tertua di Inggris dikabarkan terpaksa tutup karena mengalami kebangkrutan. Pub bersejarah ini kabarnya sudah buka sejak tahun 793 M dan tutup pada Februari 2022.

Pub bernama Ye Olde Fighting Cocks di St. Albans ini sudah beroperasi lebih dari 1200 tahun. Pelanggannya tentu berasal dari banyak kalangan. Namun sayang, bisnis kuliner bersejarah ini diketahui bangkrut dan tidak bisa membiayai operasional lagi.

Pub Tertua di InggrisPub Tertua di Inggris Foto: Food and Wine

Tapi niat untuk menutup pub bersejarah ini tampaknya urung dilakukan setelah seseorang datang untuk membantu mengatasi masalah yang dialami pub ini. Adalah Mitchells and Butlers - grup pub besar Inggris yang mengontrol sewa ke tempat tersebut - mereka mengatakan pub Hertfordshire akan dibuka kembali di beberapa titik.

Pub tertua ini akhirnya diambil alih oleh investor bernama Sam Walker. Ia mengatakan akan membiayai operasional pub ini sekaligus merubah konsep menu yang disajikan.

"Saya telah bekerja di sini selama 12 tahun sebagai manajer, jadi saya memiliki visi yang jelas tentang bagaimana memastikan kesuksesan pub ini di masa depan," kata Robinson, mantan manager pub.

Sementara kepala koki pub ini juga bersemangat membuat racikan menu baru untuk disajikan kepada pelanggan. Dengan demikian pub ini akan mengalami perubahan namun tetap menyandang gelar sebagai pub tertua di Inggris.

Bahkan mantan tuan tanah Christo Tofalli memberikan dukungannya kepada pemilik baru pub ini. "Saya tahu 100 persen bahwa mereka sepenuh hati menjaga Ye Olde Fighting Cocks. Pub ini diharapkan bisa menjadi daya tarik untuk pengunjung bukan hanya warga lokal tetapi juga wisatawan dari berbagai negara.

Ye Olde Fighting Cocks pernah memegang rekor dunia untuk pub tertua di Inggris. Namun Guinness World Records mengatakan rekor ini dicabut pada tahun 2000 karena sangat sulit melakukan verifikasi data secara penuh. Bukti otentik dibutuhkan untuk membuktikan bahwa pub ini sudah berusia 1200 tahun.



Simak Video "Bikin Laper: Mencicipi 3 Makanan Khas Daerah Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)