Cara Membuat Empal Daging Sapi yang Empuk dan Enak

ADVERTISEMENT

Cara Membuat Empal Daging Sapi yang Empuk dan Enak

Odilia WS - detikFood
Sabtu, 02 Apr 2022 09:00 WIB
Gepuk daging sapi
Foto: Dok. Detikfood
Jakarta -

Empal daging bisa jadi pilihan lauk enak untuk sahur atau buka puasa. Rasanya gurih berbumbu, enak dimakan dengan nasi gurih atau nasi putih hangat.

Empal daging berbumbu manis gurih merupakan hidangan kha Jawa. umumnya jadi auk nasi rames atau nasi langgi. Di Jawa Barat dikenal sebagai gepuk dan jadi lauk enak buat nasi timbel dan sayur asem.

Terbuat dari daging sapi, empal daging memang tak sulit dibuat. Sayangnya banyak orang gagal. Empal daging teksturnya alot atau keras atau gosong di bagian pinggirnya.

Agar mendapatkan empal daging yang meresap bumbunya dan tetap juicy, perhatikan cara membuat empal daging empuk berikut ini.

1. Bagian daging sapi

Untuk mendapat tekstur yang empuk juicy biasanya dipakai potongan daging sapi bagian has atau lulur. Paling baik memakai bagian has dalam tetapi bisa juga memakai has luar.

Jenis potongan daging sapi ini tak mengandung lemak. Tetapi tetap ada lapisan tipis di permukaan daging. Bersihkan lapisan putih keperakan pasa potongan daging sapi agar benar-benar empuk teksturnya.

2. Cara memotong daging

Di Jawa Tengah orang memotong daging sapi untuk empal daging melintang serat. Dengan serat terpotong melintang daging cepat empuk dan bumbunya mudah meresap ke serat daging.

Sementara di Jawa Barat orang memotong daging sapi searah serat sehingga serat terlihat memanjang dan daging mudah disuwir. Kedua cara memotong daging ini bisa dipakai. Tetapi untuk hasil maksimal gunakan cara memotong daging melintang serat.

3. Cara merebus

Daging sapi yang sudah dipotong melintang serat dimasak bersama bumbunya. Tambahkan air atau air kelapa biasa hingga daging terendam dan masak dengan api sedang agar bumbu meresap sempurna.

Jika ada kamu bisa memakai panci bertekanan atau pressure cooker atau panci presto. Taruh daging, bumbu dan air secukupnya lalu hitung waktu memasak 30 menit setelah air mendidih. Pastikan airnya cukup agar empal tidak gosong.

Resep Empal Daging yang gurih manis berbumbu sedap bisa kamu lihat si halaman berikutnya!



Simak Video "Manis Empuk Roti Bantal dengan Berbagai Isian"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT