Dapat Oleh-oleh Pia, Wanita Muslim Ini Tak Sadar Makan Pia Mengandung Babi

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 30 Mar 2022 15:00 WIB
Kisah Wanita Muslim Tak Sengaja Makan Pia Mengandung Babi
Foto: Instagram @selyanajamil
Jakarta -

Seorang wanita membagikan kisah saat tak sengaja mengonsumsi pia non halal. Awalnya tak sadar, sampai ia membaca tulisan kemasan pia yang ternyata mengandung babi.

Diketahui kalau muslim dilarang mengonsumsi daging babi atau bumbu yang mengandung babi karena hukumnya haram. Hal ini sebagaimana telah diatur dalam Al-Quran Surah Al Baqarah: 173, "Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah."

Oleh karenanya, kaum muslim perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi apakah halal atau non halal. Beberapa makanan biasanya juga mencantumkan keterangan apakah makanan tersebut halal dikonsumsi, kalau tidak halal biasanya dicantumkan 'mengandung babi'.

Saat muslim tak sengaja atau tak mengetahui kalau makanan tersebut non halal disantap olehnya, lantas bagaimana hukumnya dalam Islam? Dalam Al Qur'an Surah Al Baqarah ayat 173 juga dijelaskan, "Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Seorang wanita muslim bernama Selyana Jamil membagikan kisahnya di akun Instagram @selyanajamil (29/3), ia mengaku tak sengaja mengonsumsi pia non halal yang mengandung babi pada bahan bakunya. Ia menceritakan bahwa pada awalnya tak menyadari kalau pia tersebut non halal, sampai seorang temannya memberitahukan pada kemasan terdapat keterangan 'mengandung babi'.

Baca Juga: Heboh Netizen Panik dan Nangis karena Tak Sengaja Makan Babi, Ini Hukumnya!

Kisah Wanita Muslim Tak Sengaja Makan Pia Mengandung BabiKisah Wanita Muslim Tak Sengaja Makan Pia Mengandung Babi Foto: Instagram @selyanajamil

"Berawal dari IGS nya si @bangk***, tapi gue ngga langsung paham apa yang dia maksud. Gue komenlah, 'kok zonk? enak oneng'. Karena sama si @bangk*** disuruh baca eliti, pelan-pelan gue baca dan ternyata ada tulisan 'MENGANDUNG BABI' nggak tuh," tulis keterangan dalam unggahan foto di Instagram Story milik netizen bernama Selyana Jamil.

"Ya Allah mau nangis tapi ngakak banget, gimana ini ada BABI di tubuhku," lanjut Selyana.

detikFood telah mengkonfirmasi perihal ini kepada Selyana secara langsung via DM Instagram (29/3). Selyana menceritakan kalau pia non halal yang ia konsumsi saat itu adalah pemberian oleh-oleh dari ibu teman kerjanya. Teman kerjanya itu memang non muslim, namun ia juga tak mengetahui kalau pia tersebut mengandung babi.

"Temen saya yang kasih juga nggak tau kalau itu non halal. Dia nasrani tapi dikirimin mamannya dari Semarang. Tapi pas cerita, mamanya ini juga nggak tau kalo itu ngga halal," ungkap Selyana kepada detikFood.

Kisah Wanita Muslim Tak Sengaja Makan Pia Mengandung BabiKisah Wanita Muslim Tak Sengaja Makan Pia Mengandung Babi Foto: Instagram @selyanajamil

Baca Juga: Heboh Netizen Panik dan Nangis karena Tak Sengaja Makan Babi, Ini Hukumnya!

Menurut cerita yang dibagikan Selyana ini, tak hanya dirinya yang mengonsumsi itu tapi beberapa teman kerjanya yang muslim juga ikut tak sengaja mengonsumsinya. Karena terakhir kali Selyana makan pia itu hanya tersisa 3 buah saja.

"Gue ngga tau siapa aja yang udah makan tuh pia, karena yang makan terakhir gue tinggal sisa 3 biji," ungkap Selyana dalam unggahan di Instagram Story.

Kisah Wanita Muslim Tak Sengaja Makan Pia Mengandung BabiKisah Wanita Muslim Tak Sengaja Makan Pia Mengandung Babi Foto: Instagram @selyanajamil

Pia non halal yang dimaksud oleh Selyana ini adalah Pia Kemuning. Pia ini sangat terkenal dan legendaris di Semarang dan sering diburu untuk oleh-oleh.

Perlu diketahui kalau Pia Kemuning adalah produk makanan non halal. Pada kemasan tercantum keterangan 'mengandung babi'. Begitu juga pada kiosnya yang ditempelkan kertas bertuliskan, "semua macam kue pia mengandung minyak babi".

Ada beberapa varian yang ditawarkan Pia Kemuning. Di antaranya ada aren, cokelat, nanas, kacang ijo, daging babi, keju, dan durian. Ditawarkan mulai dari ukuran 250 gram sampai 5 kilogram dengan harga Rp 20.000 - Rp 400.000-an. Karena sudah mengetahui kalau pia ini non halal, muslim jangan sampai terkecoh lagi ya!

Baca Juga: Dulu Tak Biasa Sarapan Nasi, Kini Bule Polandia Ini Doyan Nasi Pecel



Simak Video "Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Festival Baso Aci Garut 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)