ADVERTISEMENT

Rekomendasi Tempat Makan

Di Dalam Pasar Muara Karang Ada Bubur Ikan dan Nasi Tim yang Juara Rasanya

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 30 Mar 2022 11:30 WIB
Resep Nasi Tim Ayam Jamur
Foto: detikfood/odilia
Jakarta -

Di Pasar Muara Karang tak hanya ada banyak sayuran, buah hingga seafood segar. Tetapi di sana juga ada bubur ikan, lontong sayur Medan, cakwe hingga kopi enak.

Mirip seperti foodcourt versi tradisional, kebanyakan pasar tradisional atau modern pasti memiliki beberapa penjual makanan yang terkenal karena kelezatannya. Penjual makanan ini biasanya sudah berjualan sejak lama, dan menjadi langganan orang-orang yang mampir ke pasar.

Seperti di Pasar Muara Karang, Penjaringan, Jakarta Utara. Pasar semi modern ini, menawarkan ragam makanan enak yang sudah bisa dinikmati mulai dari jam 5-6 pagi.

Berikut lima jajanan dan makanan enak yang wajib dicoba saat belanaja di Pasar Muara Karang.

Baca Juga: 25 Kafe Estetik dan Instagramable Bisa Disambangi di Pluit Karang" selengkapnya


1. Bubur Ikan Botak

Tempat kuliner di Pasar Muara KarangTempat kuliner di Pasar Muara Karang Foto: detikFood

Beroperasi sejak pagi hari, di bagian depan Pasar Muara Karang ada banyak pujasera yang menjual berbagai macam makanan. Seperti nasi uduk, lontong sayung dan tentu saja bubur ikan yang terkenal di sini.

Kalau berniat sarapan, pengunjung Pasar Muara Karang bisa mampir ke kedai Bubur Ikan Botak. Kedainya tak jauh dari Kedai Kopi Aceh. Tempat kuliner di pasar Muara Karang ini menawarkan bubur ayam dan bubur ikan. Kalau kamu ingin sensasi rasa yang berbeda, bisa pesan bubur ikan.

Dalam semangkuk bubur disajikan potongan ikan nila yang ukurannya royal. Meski menggunakan campuran ikan, tetapi tidak mengeluarkan aroma amis sedikitpun. Semakin nikmat dengan tambahan potongan ayam rebus. Satu mangkuk bubur ikan disajikan dengan porsi yang terbilang banyak. Untuk harganya dibanderol sekitar Rp 47.000.

2. Nasi Tim Pasar Pagi

Tempat kuliner di Pasar Muara KarangTempat kuliner di Pasar Muara Karang Foto: detikFood

Selain makan bubur ikan atau ngopi sambil makan gorengan. Di pasar Muara Karang juga pengunjung akan menemukan kedai nasi tim. Tidak ada nama khusus, kedainya hanya dikenal dengan nama Nasi Tim Pasar Pagi. Berjualan mulai dari jam 6 pagi, tapi biasanya di bawah jam 10 pun terkadang sudah habis.

Rasa nasi tim yang enak dijamin akan membuat pengunjung ketagihan dengan nasi tim di sini. Nasinya pulen dan lembut apalagi ketika dicampur dengan kuah kaldu yang gurih.

Selain itu, satu porsi nasi tim disajikan dengan daging ayamn. Isian satu porsi nasi tim di sini terbilang banyak. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi nasi tim di sini adalah sekitar Rp 45.000.

3. Cakwe Asiong

Tempat kuliner di Pasar Muara KarangTempat kuliner di Pasar Muara Karang Foto: detikFood

Kalau ingin makan yang ringan-ringan pengunjung bisa mampir ke kedai cakwe ini. Kedainya dikenal dengan nama Cakwe Asiong yang sudah beroperasi sejak 1990. Kedai ini sudah mulai buka dari pukul 7 pagi sampai adonan cakwe habis.

Semua adonan cakwe dibuat langsung di tempat, sehingga pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan dan penggorengannya yang aroma gurihnya bisa bikin ngiler.

Cakwenya berukuran besar, aromanya wangi dan teksturnya yang empuk. Selain cakwe, kedai ini juga menawarkan kue bantal yang tak kalah empuk. Kue bantalnya semakin beraroma karena adanya tambahan biji wijen. Satu cakwe dibanderol sekitar Rp 7.000.



Simak Video "Soto Betawi Legendaris di Pasar Senen"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT