Jangan Latah Ikutan! 5 Tren Makan di TikTok ini Terbukti Berbahaya

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 29 Mar 2022 11:30 WIB
Tren makan TikTok yang membahayakan
Foto: iStock
Jakarta -

Dengan mengklaim adanya manfaat kesehatan, beberapa cara makan dan memasak ini jadi tren di TikTok. Faktanya tren tersebut justru bisa membahayakan.

TikTok merupakan platform untuk para kreator konten. Banyak para kreator menayangkan konten dan berharap bisa menjadi trending. Namun, hati-hati dalam menciptakan konten.

Sebab ada beberapa konten memasak dan makan yang viral di TikTok sebenarnya berbahaya bagi kesehatan. Sayangnya, banyak pengguna TikTok yang justru ikut-ikutan hanya demi viral.

Seperti tren memakan nacho dengan cara mengampar di atas meja. Kelihatannya memang seru, tetapi potensi kontaminasi bakteri sangat tinggi. Karenanya dinilai berbahaya.

Dikutip dari Eat This not That (21/03), berikut 5 tren makan di TikTok yang berbahaya:

1. Mencuci Daging Ayam Mentah

Tren makan TikTok yang membahayakanTren mencuci daging ayam mentah di TikTok yang membahayakan Foto: iStock

Beberapa waktu lalu sempat viral tutorial memasak yakni dengan mencuci daging ayam mentah. Namun, tren ini banyak ditentang karena dinilai berbahaya.

Menurut ahli gizi, ketika mencuci daging mentah, maka patogen pada daging akan menyebar lewat percikan air ke setiap permukaan di dekatnya, termasuk wastafel dan konter di dapur.

Dengan kata lain, mencuci ayam mentah berpotensi mencemari wastafel, meja dan peralatan dapur lainnya. "Tidak ada alasan yang baik untu mencuci daging mentah," ujar ahli gizi Hutchings.

Baca Juga: Bikin Resah! Tren TikTok Ini Minta Pesanan Makanan Dibayari Orang di Depannya

2. Makan Nacho di Meja

Tren makan TikTok yang membahayakanTren makan nacho di meja yang viral di TikTok yang membahayakan Foto: iStock

Makan nacho di meja sempat menjadi tren di TikTok. Tren ini disebut juga 'Nacho Tables'. Dalam tren ini, kamu menuangkan nacho dalam jumlah yang banyak di atas meja.

Tentunya meja tersebut sudah dilapisi dengan alas. Kemudian nacho tersebut diberi lelehan keju dan beberapa tambahan lainnya. Baru kemudian dimakan bersama-sama.

Namun, Hutchings menilai bahwa tren makan di TikTok ini juga berbahaya. Menurutnya, makan ngampar di atas meja itu bisa memicu kontaminasi silang bakteri.

"Selain itu, ketika kamu makan, mulut kamu akan menghasilkan lebih banyak air liur yang bisa saja menyembur ketika mengunyah dan berbicara," ujarHutchings.



Simak Video "4 Kuliner Khas Betawi yang Ada di PRJ 2022"
[Gambas:Video 20detik]