Wow! Segini Harga Makanan Indonesia di Supermarket di Jerman

Riska Fitria - detikFood
Senin, 28 Mar 2022 16:30 WIB
Harga produk makanan Indonesia di supermarket Jerman
Foto: TikTok @irwanprasetiyo
Jakarta -

Pengguna TikTok ini menunjukkan harga produk makanan asli Indonesia yang dijual di supermarket di Jerman. Kangkung harganya mencapai Rp 64.000.

Biaya hidup di luar negeri memang lebih mahal daripada di Indonesia. Maka tak heran jika beberapa makanan harganya melambung tinggi, meskipun itu merupakan produk asli Indonesia.

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan akun @irwanprasetiyo. Melalui video TikToknya ia sering membagikan kesehariannya selama tinggal di Jerman.

Salah satu videonya yang menarik perhatian adalah saat menunjukkan harga-harga produk Indonesia termasuk makanan dan bahan masakan yang dijual di supermarket di Jerman.

Baca Juga: Dapoer Kebun: Cicip Ayam Sambal Matah hingga Kopi Pala di Resto 'Rasa' Bali

Harga produk makanan Indonesia di supermarket JermanHarga produk daun pisang di supermarket Jerman RP 64.000 per lembar Foto: TikTok @irwanprasetiyo

"Hari ini aku mengunjungi toko Asia di Jerman. Di mana kita bisa beli barang-barang yang dari Asia," ujarnya di dalam video yang telah dikonfirmasi detikFood (28/03).

Pertama, ia memperlihatkan produk kecap dari dua merek asal Indonesia yakni ABC dan Bango. Kecap botolan seberat 620 ml tersebut rata-rata dijual dengan harga 4 Euro atau Rp 64.000.

Selain itu, ia juga menemukan daun pisang. Di Indonesia daun pisang sering dipakai sebagai alas makanan atau bungkusan makanan. Biasanya daun pisang dijual dengan harga murah di pasaran.

Itu karena melimpahnya daun pisang, bahkan ada yang punya tanamannya sendiri sehingga bisa mengambil daun pisang secara gratis. Namun di Jerman, daun pisang dijual Rp 40.000 per lembar.

Baca Juga: Wow! Segini Harga Pecel Ayam di Papua Tanpa Nasi

Harga produk makanan Indonesia di supermarket JermanHarga produk kangkung di supermarket Jerman mencapai Rp 64.000 per ikat Foto: TikTok @irwanprasetiyo

Terlihat dalam video, daun pisang itu dikemas rapi menggunakan plastik transparan. Kemudian, ada juga Indomie, produk mie instan yang populer hingga ke berbagai negara.

Jika biasanya Indomie di Indonesia dibanderol senilai Rp 3.000-an, maka di Jerman Indomie harganya sekitar Rp 8.000-an. Di supermarket itu pun lengkap aneka varian rasa Indomienya.

Terakhir ada kangkung, sayur yang biasa dijual senilai Rp 5.000 per ikat tersebut dijual dengan harga Rp 64.000 per ikat. "Kalau di Indonesia udah dapat sekebon ini," tuturnya.

Videonya pun ramai dipenuhi dengan komentar para netizen. Banyak netizen yang terkejut melihat harga-harga produk makanan Indonesia yang dijual dengan harga mahal di luar negeri.

"Nasib anak kost di Jerman gimana ya kalau harga mie instan segitu," tulis netizen.

"Harga daun pisangnya bisa dibelikan nasi pecel buat sekeluarga bang kalau di Indonesia," tulis netizen lainnya.

Baca Juga: Aksi Penumpang yang Asyik Makan Nasi Padang di Pesawat Ini Viral



Simak Video "Bikin Laper: Enaknya Kepiting Saus Tiram di Popa Seafood PIK"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)