Gokil! Kafe Mewah Ini Jual Minuman dari Teh Seharga Rp 2,6 Miliar/Kg

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 28 Mar 2022 15:00 WIB
Gokil! Kafe Mewah Ini Jual Minuman dari Teh Seharga Rp 2,6 Miliar/Kg
Foto: CNN
Jakarta -

Berbeda dengan teh lainnya, teh langka ini memiliki harga miliaran rupiah per kilogramnya. Harganya mengalahi daging wagyu hingga abalone yang terkenal mahal!

Makanan menyentuh harga ratusan sampai miliaran rupiah memang sudah bukan hal yang asing lagi. Beberapa makanan yang terkenal langka dan susah didapatkan, seperti truffle, kaviar hingga ikan bluefin tuna, harganya bisa mencapai miliaran rupiah. Begitu juga dengan daun teh.

Melansir CNN Travel (26/03), di Hong kong ada kafe mewah khusus teh yang dikenal bernama Glassbelly Tea Lab. Kafe ini bukan sembarang tempat ngeteh, tapi di Hong Kong konsep tempat ngeteh sangat mewah dengan nuansa fine dining.

Glasbelly memiliki konsep kafe yang unik dimana mereka hanya menyajikan jenis-jenis teh langka dan terbaik yang ada di dunia. Terutama jenis teh oolong dari Wuyi yang merupakan salah satu varian daun teh paling mahal di dunia.

Teh oolong Wuyi ini sangat spesial karena hanya tumbuh di bukit dan bebatuan yang ada di pegunungan Wuyi. Sehingga tak heran nama teh ini disebut sebagai teh gunung.

Baca Juga: Makan di Resto Salt Bae, Jutawan Ini Bilang Lebih Puas Makan di McD!" selengkapnya

Glasbelly juga menyajikan beberapa varian teh mahal lainnya yang kebanyakan berasal dari Asia. Seperti teh Rougui, Do Hang Pao, dan Shu Xian.

Gokil! Kafe Mewah Ini Jual Minuman dari Teh Seharga Rp 2,6 Miliar/KgGokil! Kafe Mewah Ini Jual Minuman dari Teh Seharga Rp 2,6 Miliar/Kg Foto: CNN

Di antara semuanya, yang harganya bikin terkejut dan membuat orang kaget adalah teh jenis Rougui (Niu Lan Keng). Teh ini cukup langka dan sama-sama tumbuh di pegunungan Wuyi.

Harganya di pasaran bisa mencapai angka $4,560 (Rp 65,4 juta) per 25 gram teh saja. Sementara untuk kisaran harga teh Rougui perkilonya bisa mencapai angka $184,615 (Rp 2,6 miliar)!

Namun untuk bisa menikmati secangkir teh Rougui di Glassbelly, harga yang mereka tawarkan juga tak kalah mahal dan bikin orang kaget. Segelasnya dihargai sekitar $3,577 (Rp 51,3 juta), dengan porsi 150-200 ml cangkir teh kecil yang menggunakan lima gram teh Rougui.

Harga varian tes di atas memang fantastis, namun hal ini sebanding dengan rasa dan kualitas teh yang disajikan.

"Teh Wuyi itu adalah teh burgundy, dengan rasa yang lebih kompleks. Di industri ini kita sebut sebagai 'teh mentah' karena belum terfermentasi sempurna. Jadi rasanya itu akan berubah-ubah dari gelas hingga ke mulut," jelas Wing Yeung, selaku pemilik Glassbelly yang rela menggelontorkan dana sekitar $ 5 juta (Rp 71,5 miliar untuk membeli teh demi membuka Glassbelly di tahun 2021.

Gokil! Kafe Mewah Ini Jual Minuman dari Teh Seharga Rp 2,6 Miliar/KgGokil! Kafe Mewah Ini Jual Minuman dari Teh Seharga Rp 2,6 Miliar/Kg Foto: CNN

Menurut Yeung, untuk mengerti mengapa harga teh bisa semahal ini, orang-orang perlu memahami teh yang berkualitas. Yeung juga merasa bahwa seni teh ini jauh tertinggal dibandingkan wine dan kopi yang lebih dulu melejit. Padahal teh merupakan minuman yang banyak dikonsumsi orang di seluruh dunia.

Yeung berharap dengan adanya Glasbelly ini, dia bisa membantu industri teh untuk lebih maju dengan sentuhan dan pendekatan yang lebih modern. Meski tentunya orang akan berpikir dua kali untuk menghabiskan puluhan juta rupiah hanya untuk segelas teh saja.

Baca Juga: Mahal Banget! Jumlah Tagihan Makanan 5 Selebriti Ini Bikin Melongo" selengkapnya



Simak Video "Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Festival Baso Aci Garut 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)