Makanan Rasa 'Uji Nyali'! Ini 5 Menu Paling Aneh di Dunia

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 27 Mar 2022 19:00 WIB
Kepala Kambing
Foto: Istimewa
Jakarta -

Makanan ini memiliki rasa ekstrem dan tampilan yang bikin mual. Tak heran untuk mencoba makanan ini disebut seperti 'uji nyali' karena tak semua orang mau mencobanya.

Meski digemari banyak orang, ada makanan-makanan tertentu di setiap negara yang dianggap ekstrem. Makanan ini dianggap menjijikkan bagi orang asing yang belum mengetahui atau terbiasa dengan makanan ini.

Tak heran, banyak orang yang enggan menyantap makanan ini. Butuh nyali besar untuk bisa mencicipi sajian yang dari tampilannya saja, terkadang sudah membuat orang mual dan kehilangan nafsu makan.

Dilansir dari The Travel (26/03), berikut lima makanan yang butuh nyali besar untuk menyantapnya:

Baca Juga: Bukan Buatan! 7 Makanan Ini Punya Bentuk Nyeleneh" selengkapnya

1. Boodog

Makanan Ekstrem Sulit DitelanBoodog, Makanan Ekstrem Sulit Ditelan Foto: Site News

Mongolia merupakan negara yang berbatasan dengan wilayah China dan Rusia. Negara ini terkenal dengan budaya hidup nomaden atau orang-orang yang suka berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lainnya. Tak heran mereka memiliki makanan yang tak kalah unik.

Jika kebanyakan orang akan mengolah daging kambing atau sapi dengan oven atau dipanggang di atas api unggun, berbeda dengan kaum Mongol. Mereka lebih suka memanggang daging dengan merobek bagian tubuh hewan, kemudian mereka masukan batu panas yang sebelumnya sudah dibakar.

Nama hidangan boodog. Biasanya mereka memanggang kambing atau babi hasil memburu dengan cara ini. Usai meletakkan batu di dalam kambing, mereka akan menutupnya selama beberapa saat hingga daging kambing matang sesuai dengan selera mereka. Tak jarang bagian daging masih mentah dan dipenuhi darah.

2. Kepala Kambing Utuh

Popularitasnya mengalahi daging ayam dan sapi, di Mongolia semua yang berbau kambing selalu digemari. Sejak dulu kambing dianggap sebagai hidangan enak dengan tekstur daging yang empuk.

Bagian kepala kambing kerap diolah menjadi makanan spesial. Hidangan kepala kambing utuh ini biasanya direbus selama beberapa jam untuk membuat dagingnya menjadi lembut dan tidak alot.

Kemudian kepala kambing disajikan dengan beberapa sayuran rebus sebagai hidangan pelengkapnya. Ada juga tradisi di mana ketika menyantap kepala kambing, para tamu harus memakan kedua bola mata kambing. Selain di Mongolia, sajian kepala kambing ini juga di Afghanistan hingga Bulgaria.

3. Balut

Hii! 10 Makanan Eksotis dari Seluruh Dunia, Ada Otak Monyet hingga BalutBalut Foto: Listaka

Berkunjung ke Filipina, kamu bisa mencicipi balut. Hidangan ini berasal dari embrio bebek yang menjadi makanan khas di sana. Banyak telur berusia tua yang sudah memilikit balut dalam bentuk utuh sehingga tampilannya sedikit menyeramkan.

Dalam warisan kuliner di Filipina, Balut merupakan makanan populer sekaligus jajanan enak di sana. Makanan ini mirip seperti hot dog di Amerika yang banyak dijual di pinggir jalan.

Banyak orang percaya bahwa mengonsumsi balut dapat meningkatkan libido. Menu ini juga dianggap sebagai asupan protein.



Simak Video "Berani Jajal Kue Cacing Ini?"
[Gambas:Video 20detik]