Kuliner Pasar

Blusukan di Pasar Baru, Jangan Lupa Jajan Yamien dan Cakwe Legendaris

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 26 Mar 2022 18:00 WIB
tropic
Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Di kawasan Pasar Baru ada beberapa tempat makan legendaris yang bisa memanjakan lidah. Pilihan menunya ada mie ayam hingga bakso yang gurih dan murah meriah.


Pasar Baru, Jakarta Pusat bisa jadi tempat belanja kalau kamu mencari kain, pakaian ataupun barang elektronik. Usai belanja, bisa mampir untuk makan di beberapa tempat makan legendaris.

Saking banyaknya tempat makan legendaris di sini, banyak orang yang bahkan sengaja datang ke Pasar Baru khusus untuk kulineran. Kamu bisa menikmati semangkuk Bakso Metro yang sudah berjualan sejak 1984, atau bisa jajan es krim Tropic yang sudah populer sejak tahun 1950.

Untuk rasa makanan, dijamin semuanya enak dan harganya juga dibanderol murah meriah. Kamu bisa menyusuri beberapa tempat makan ini dengan berjalan kaki karena lokasinya berdekatan.

Berikut beberapa tempat makan legendaris di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat:

1. Soto Betawi Globe H. Oji

Soto Betawi satu ini terkenal dengan sebutan Globe karena lokasinya berada persis di depan Plaza Globe. Padahal aslinya kedai ini bernama Soto Betawi H. Oji. Kelezatan soto Betawi ini sudah melegenda, bahkan terkenal sejak 1985.

Tetap eksis hingga kini, soto Betawi Globe memang punya racikan yang mantap. Isian soto terdiri dari daging, iso, babat, paru hingga kikil sapi. Semua diguyur kuah soto yang creamy dan pedas gurih. Dalam soto ini juga ditambah bahan pelengkap seperti kentang, irisan tomat dan daun bawang.

Rasa kuahnya yang berbumbu pekat dan pedas bikin siapapun ketagihan. Selain soto dengan isian daging sapi, ada juga pilihan soto Betawi isi ayam.

5 Soto Betawi Legendaris di Jakarta yang Enaknya Kebangetan!Ilustrasi soto betawi Foto: DetikFood

2. Bakso Metro

Capek belanja memang paling pas menikmati makanan yang segar dan menggugah selera. Bakso Metro bisa jadi pilihan karena menawarkan bakso kenyal yang gurih. Bakso yang sudah eksis sejak 1984 ini kembali viral di media sosial karena rasanya yang tak berubah selama puluhan tahun.

Seporsi bakso ini disajikan dengan pelengkap mie bihun, mie kuning dan sayuran. Ada bakso urat dan bakso telur yang bisa dipilih sesuai selera. Kalau doyan tetelan, kamu bisa minta tambahan tetelan gratis.

3. Roti Bistro

Roti bisa jadi pengganjal perut sekaligus oleh-oleh usai berbelanja di kawasan Pasar Baru. Selera akan langsung digoda dengan aroma harum roti saat kamu menjejakkan kaki di toko Roti Bistro ini. Toko roti yang sudah hadir sejak tahun 1980-an ini punya deretan roti legendaris yang empuk.

Ada banyak pilihan rasa roti yang ditawarkan namun yang paling populer ada roti sobek lima rasa. Untuk varian rotinya ada rasa cokelat, keju, vanila hingga kopi. Selain roti sobek, ada juga menu roti satuan yang dibanderol mulai Rp 5.000-an.