5 Jajanan Jadul Ini Dulu Sering Lewat Depan Rumah, Ada Bajigur hingga Grontol

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 25 Mar 2022 19:04 WIB
bajigur dan rebusan
Foto: Detikfood
Jakarta -

Jajanan jadul pada tahun 90-an selalu berhasil membuat bernostalgia. Ada beberapa jajanan yang dulu sering lewat depan rumah, seperti bajigur hingga grontol.

Jajanan tradisioanl Indonesia banyak sekali ragamnya. Biasanya dijajakan keliling dari kampung ke kampung menggunakan pikulan atau gerobak.

Pada tahun 1990-an, ada beragam jajanan yang sering lewat depan rumah pelanggan. Seperti bajigur, kue rangi, hingga grontol jagung. Kini jajanan tersebut sudah jarang terlihat, bahkan langka.

Baca Juga: Adu Rasa 3 Burger Rp 20 Ribuan di Jaksel, Mana Paling Gurih Juicy?

Berikut 5 jajanan jadul bikin nostalgia yang dulu sering lewat depan rumah.

1. Jagung Rebus

Jajanan JadulJajanan Jadul Foto: Getty Images/iStockphoto/O_Lypa

Foodies era 90-an pasti sudah tak asing dengan penjual jagung rebus yang dulu sering lewat depan rumah. Jagung rebus ini dijajakan menggunakan gerobak yang telah dimodifikasi agar kompor dan panci bisa disertakan untuk membuatnya tetap hangat.

Penjual jagung rebus gerobakan ini sudah sangat sulit ditemukan. Biasanya sang penjual akan meneriakan kalimat, "Jagung rebus.. jagung rebus hangat!"

Di kawasan Ulujami, Jakarta Selatan dan Pondok Cina, Depok masih ada penjual jagung rebus gerobakan ini. Jagung rebusnya masih panas dan bercita rasa manis. Harganya dibanderol Rp 5.000-an.

2. Bajigur

bajigur dan rebusanbajigur dan rebusan Foto: Detikfood

Penjual bajigur dulu juga banyak yang berkeliling dari kampung ke kampung. Pasti yang tinggal di dalam gang pernah melihat setiap sore ada penjual bajigur yang menjajakan jualannya.

Bajigur adalah minuman tradisional khas Jawa Barat, terbuat dari gula aren atau gula merah, santan, dan kopi. Bajigur biasanya dinikmati dalam kondisi panas, namun penjual gerobakan ada juga yang menawarkan bajigur dingin.

Dulu bajigur ditawarkan dengan harga Rp 1.000 per bungkus. Tak hanya bajigur, penjualnya juga menawarkan makanan rebusan. Seperti kacang, kedelai, dan ubi.

Baca Juga: Nostalgia Yuk! 5 Jajanan SD Ini Bisa Dibentuk Masjid hingga Hewan



Simak Video "Es Gabus, Jajanan Tempo Dulu yang Maknyus!"
[Gambas:Video 20detik]