Gegara Ajarkan Makan Nasi Pakai Pisau dan Garpu, Ahli Etiket Ini Dikecam Netizen

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 25 Mar 2022 16:00 WIB
Makan nasi pakai garpu dan pisau
Foto: TikTok
Jakarta -

Ahli etiket asal Inggris membagikan cara makan nasi yang benar, yakni menggunakan pisau dan garpu. Videonya langsung dikecam orang Asia.

Nasi merupakan makanan pokok orang Asia. Mulai dari Indonesia, Malaysia, Thailand, China dan lainnya. Karena sudah jadi makanan setiap hari, setiap negara punya cara makan nasi tersendiri.

Seperti di Jepang dan China yang biasa makan nasi pakai sumpit. Sementara orang Indonesia dan Malaysia terbiasa makan nasi menggunakan tangan langsung.

Dan bukan suatu kesalahan juga jika makan nasi menggunakan sendok, karena itu tergantung dengan lauk. Biasanya makan nasi pakai sendok dilakukan jika lauknya berkuah.

Baca Juga: 5 Etiket Makan dalam Budaya China Ini Perlu Diketahui

Makan nasi pakai garpu dan pisauAhli etiket berikan contoh makan nasi pakai garpu dan pisau Foto: TikTok

Karenanya beragam cara makan nasi orang Asia, seorang ahli etiket Inggris Lucy Challenger memberikan contoh cara makan nasi yang benar. Caranya adalah menggunakan pisau dan garpu.

Bahkan ia mempraktekkan bagaimana cara makan nasi menggunakan garpu dan pisau melalui sebuah video. Di video ia mengatakan bahwa kita harus menghindari makan nasi pakai sendok dan garpu.

Sebagai gantinya harus menggunakan pisau dan garpu. Jadi, pisau digunakan untuk mendorong nasi agar naik ke garpu, baru kemudian diarahkan ke mulut untuk dimakan.

"Cukup masukkan garpu ke dalam makanan, dorong nasi di atas garpu, lalu masukkan ke dalam mulut dengan rapi," ujarnya dalam video, lapor Newswav (24/03).

Baca Juga: Sering Dilupakan! Ini 7 Etiket Makan di Restoran Saat Musim Liburan

masak nasi pakai bawang putihNasi merupakan makanan pokok orang Asia Foto: iStock

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa hidangan lain yang sering disajikan bersama nasi juga dimakan menggunakan pisau dan garpu. "Ini membuatnya lebih mudah untuk dimakan," klaim Lucy.

Sayangnya, video Lucy itu telah dihapus lantaran mendapat kecaman dari netizen, terutama netizen asal Asia. Banyak netizen yang mengatakan bahwa etika makan nasi menggunakan garpu dan pisau tidak masuk akal.

"Maaf kita orang Asia gak kenal makan nasi pakai garpu sama pisau," tulis netizen.

Hanya Boleh Makan Nasi dan Air Putih, Pengantin Pingsan dan Kelaparan Karena Puasa MutihBagi orang Asia makan nasi bisa pakai sendok, sumpit atau tangan kosong Foto: Getty Images/iStockphoto/vm2002

"Makan pakai tangan nikmat banget, kalau pakai garpu dan pisau malah ribet," tulis netizen lainnya

Ini bukan pertama kalinya ahli etiket asal Inggris mengajari cara makan nasi yang benar, tetapi malah dihujat. Sebelumnya ada juga ahli etiket dengan akun @TheRoyalButler.

Melalui cuitannya ia mengatakan, "Guys, ingatlah kita selalu menggunakan pisau dan garpu atau sumpit untuk makan nasi. Kami tidak menggunakan tangan atau jari kami,".

Cuitannya itu tak kalah ramai ditanggapi netizen Asia. Bahkan banyak netizen yang justru memamerkan cara makan nasi menggunakan tangan sebagai bentuk sindiran.

Baca Juga: Sebut Makan Nasi Tak Boleh Pakai Tangan, Ahli Etiket Inggris Ini Dikecam Netizen



Simak Video "Sedap Gurih Nasi Bakar Teri Medan yang Pulen"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)