Sajian Lezat Imlek 2022

5 Etiket Makan dalam Budaya China Ini Perlu Diketahui

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Senin, 31 Jan 2022 12:30 WIB
5 Etiket Makan dalam Budaya China Ini Perlu Diketahui
Foto: Getty Images/iStockphoto/szefei
Jakarta -

Saat Imlek, menikmati makanan bersama keluarga dan kerabat adalah agenda wajib. Jika jamuannya formal, kamu perlu mengetahui beberapa etiket makan.

Etiket makan adalah sejumlah aturan yang berlaku di budaya tertentu mengenai cara menikmati makanan. Sifatnya memang tidak wajib dilakukan, namun dengan mengikuti etiket makan, kamu bakal terlihat lebih sopan dan elegan.

Etiket makan juga berlaku dalam budaya China. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan mengenai cara menikmati makanan khas China dalam balutan suasana formal. Hal ini juga perlu diperhatikan saat menikmati jamuan makan Imlek.

Mulai dari soal memakai sumpit hingga isyarat mengucapkan terima kasih usai disajikan secangkir teh. Semuanya perlu diketahui dan dipraktikkan dalam jamuan makan formal.

Mengutip China Highlights (26/1/2022), berikut 5 etiket makan dalam budaya China:

1. Menunggu orang yang paling dihormati untuk makan

Saat datang ke jamuan makan, penting untuk kamu memperkenalkan diri atau membiarkan pemilik acara memperkenalkanmu. Posisi kursi pun juga sudah diatur dan sebaiknya kamu mengikutinya.

Pastikan tamu kehormatan duduk lebih dulu, baru setelahnya kamu duduk. Saat makan pun, sosok yang dihormati itu bisa jadi panduan. Kamu baru bisa makan setelah ia makan atau mengajak makan. Biasanya ia akan mengajak semua dengan kalimat, "Mari makan!"

2. Inisiatif menawarkan makanan ke orang yang lebih tua

5 Etiket Makan dalam Budaya China Ini Perlu DiketahuiEtiket makan dalam budaya China juga termasuk inisiatif menawarkan makanan ke orang yang lebih tua Foto: Getty Images/iStockphoto/szefei

Ragam makanan China memang enak, namun hindari serakah memakannya. Pertimbangkan orang-orang di sekitarmu sebelum mengambil makanan di meja karena jamuan makan orang China dibuat untuk dinikmati bersama-sama di meja bundar.

Jika ada makanan tersisa sedikit di meja dan kamu mau mengambilnya, tanyakan dulu pada tamu lain apakah mereka ingin memakannya? Jika tidak, kamu bisa menghabiskannya.

Penting juga untuk inisiatif menawarkan makanan ke sosok yang lebih tua. Jika mereka mengisi mangkuk atau piring dengan makanan, jangan lupa bilang terima kasih.

3. Aturan pakai sumpit

Memakai sumpit dalam jamuan makan China ada aturannya. Hindari memposisikan sumpit vertikal saat menaruhnya di makanan, apalagi nasi, karena ini melambangkan kematian.

Jangan juga bermain-main dengan sumpit atau melambaikannya ke udara karena hal ini dianggap tidak sopan. Saat ambil makanan pun, jangan menusuknya dengan sumpit.