ADVERTISEMENT

Jusuf Hamka Makan Nasi Uduk di Pinggir Jalan, Pilih Lauk Semur Jengkol

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 24 Mar 2022 16:00 WIB
Jusuf Hamka Makan Nasi Uduk di Pinggir Jalan, Pilih Lauk Semur Jengkol
Foto: Instagram jusufhamka
Jakarta -

Jusuf Hamka dikenal sebagai pengusaha sukses yang hobi makan kaki lima. Belum lama ini ia terlihat menyambangi warung nasi uduk Betawi, Bang Udin. Dirinya lahap makan semur jengkol!

Masyarakat mengenal Jusuf Hamka sebagai sosok pengusaha sukses, merakyat, dan dermawan. Ia pernah menginisiasi gerakan menjual nasi kuning Rp 3.000 saja untuk siapapun yang lapar dan mau makan enak.

Pada awal 2018, ia membuka gerai pertama nasi kuning itu di Kantor PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP), Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara. Jusuf Hamka bekerja sama dengan warung-warung makan di sekitar kantornya dalam memasok nasi kuning.

Syaratnya, nasi kuning harus dibuat tanpa santan agar tahan lama dan bisa dibagikan jika tidak habis terjual. Sasaran pembeli dan penerima nasi kuning ini semua elemen masyarakat, bahkan orang mampu pun boleh beli kalau mau.

Jusuf Hamka Makan Nasi Uduk di Pinggir Jalan, Pilih Lauk Semur JengkolMomen Jusuf Hamka saat makan nasi uduk di pinggir jalan diabadikan di Instagramnya. Foto: Instagram jusufhamka

Pria yang kerap disebut bos jalan tol ini juga sering kali mengunggah momen kulineran serunya di Instagram. Bukan di tempat makan mewah, melainkan di kaki lima atau pinggir-pinggir jalan.

Pria 64 tahun ini tak segan makan langsung di sana. Ia dengan santai berbaur dengan masyarakat dan bahkan berbincang dengan mereka.

Salah satu yang terbaru, Jusuf Hamka mampir ke Nasi Uduk Betawi Bang Udin (13/3/2022). Warungnya berlokasi di l. Palmerah Barat No. 25A, Jakarta Barat.

"Malam ini jam 19, saya makan semur jengkol Betawi yang sangat legendaris. Tempatnya di warung kaki 5. Nasi Uduk Bang Udin, ada di jalan perempatan Palmerah dan jalan Rawa Belong," katanya di keterangan video.

Jusuf Hamka Makan Nasi Uduk di Pinggir Jalan, Pilih Lauk Semur JengkolSemur jengkol jadi lauk utama pilihan Jusuf Hamka saat makan nasi uduk.Foto: Instagram jusufhamka

Sebelum makan, terlihat Jusuf Hamka menyapa pengunjung yang ada di sana. Sayangnya ia tidak bisa langsung makan di tempat karena warung nasi uduk legendaris ini sedang penuh pengunjung.

"Saya awalnya mau mengantri karena tempat duduknya sudah penuh, namun saya disuruh duluan dan dikasih duduk di tempat mereka saja," kata pria mualaf ini.

Jusuf Hamka pilih makan nasi uduk dengan lauk semur jengkol, telur dadar, dan pepes teri. "Semur jengkolnya top nih. Jengki nih jengki," katanya bersemangat saat makan.

Ia juga meminta izin untuk mentraktir makan semua pengunjung yang ada di sana. Setelah menebar kebaikan, Jusuf Hamka ternyata mendapat keberuntungan dari seorang pengunjung.

Jusuf Hamka Makan Nasi Uduk di Pinggir Jalan, Pilih Lauk Semur JengkolSaat makan nasi uduk, Jusuf Hamka mentraktir pengunjung lain yang sedan di sana. Foto: Instagram jusufhamka

"Ada ibu-ibu yang dapat telepon dari suaminya dan minta video call kepada saya. Dan lebih mengejutkan lagi, suami ibu tersebut ingin memberikan saya dua buah duplikat Pedang Rasulullah SAW untuk dipajang di Masjid Babah Alin Desari," sambungnya.

Mengenai nasi uduk yang disantap Jusuf Hamka, tempat makan ini tergolong legendaris karena sudah ada sejak 1986. Nasi Uduk Betawi Bang Udin menawarkan lauk andalan semur jengkol yang disukai banyak pengunjung karena teksturnya empuk dan tidak berbau.

Selain itu ada juga lauk seperti ayam goreng, pepes ikan teri, bakwan udang, rendang ati ampela, telur, hingga perkedel. Buka sejak sore hingga dini hari, tak jarang warung nasi uduk ini padat pembeli.



Simak Video "Bukannya Rugi, Nasi Uduk Legendaris Ini Laris saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT