Dermawan! 5 Aksi Jusuf Hamka Borong Makanan dari Pedagang saat PPKM

Riska Fitria - detikFood Rabu, 21 Jul 2021 16:00 WIB
Dermawan! 5 Kebaikan Jusuf Hamka saat Borong Makanan dari Pedagang saat PPKM Foto: Instagram @jusufhamka
Jakarta -

Dikenal dermawan, bos tol Jusuf Hamka membantu gratiskan kremasi jenazah COVID-19. Selain itu, ia juga sering membantu pedagang makanan kaki lima di masak PPKM.

Siapa yang tak kenal Jusuf Hamka? Ia dikenal sebagai pengusaha muslim sukses kenamaan di Indonesia. Selain itu, namanya juga dikenal sebagai bos jalan tol. Maka tak heran Jusuf Hamka hidup dengan serba kecukupan.

Namun, kekayaan yang dimilikinya tidak membuat Jusuf Hamka sombong. Pria kelahiran 1957 tersebut dikenal sebagai sosok muslim yang dermawan. Ia sering membantu siapa saja yang kesusahan.

Seperti baru-baru ini, ia menggratiskan biaya kremasi jenazah COVID-19. Itu dilakukan karena banyak oknum-oknum yang memeras biaya kremasi dengan harga yang tidak masuk akal.

Buka hanya itu, di masa PPKM ia juga selalu membantu pedagang makanan dengan memborong semua makanan. Dengan begitu, pedagang dapat langsung pulang ke rumah tanpa mengalami kerugian.

Berikut 5 aksi Jusuf Hamka sebagai muslim yang suka tolong menolong:

1. Memborong Roti

Dermawan! 5 Kebaikan Jusuf Hamka saat Borong Makanan dari Pedagang saat PPKMDermawan! 5 Kebaikan Jusuf Hamka saat Borong Makanan dari Pedagang saat PPKM Foto: Instagram @jusufhamka

Dalam sebuah video yang diunggah di Instagramnya, Jusuf menceritakan pengalamannya bertemu penjual roti keliling. Saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 9malam, tetapi roti dagangan si penjual masih penuh.

Lebih mengejutkan lagi ketika mengetahui bahwa penjual roti tersebut adalah seorang wanita. Wanita tersebut berjualan menggantikan suaminya yang sedang sakit.

Jusuf Hamka pun langsung memborong sebanyak 50 roti tawar dan 30 roti cokelat. Awalnya wanita itu tak percaya, ia bahkan sampai mau sujud di kaki Jusuf Hamka tetapi ditahan oleh bos jalan tol.

"Saya katakan kalau berterima kasih jangan kepada dirinya melainkan kepada Allah SWT. Dan ini semua karena gerak Allah SWT, sehingga saya mendadak bisa kepengen berenti dan membeli dagangan ibu," ujar Jusuf.

Baca Juga: Salut! Bos Jalan Tol Jusuf Hamka Tak Gengsi Makan Bubur dan Soto Pinggir Jalan

2. Memborong Nasi Goreng

Dermawan! 5 Kebaikan Jusuf Hamka saat Borong Makanan dari Pedagang saat PPKMDermawan! 5 Kebaikan Jusuf Hamka saat Borong Makanan dari Pedagang saat PPKM Foto: Instagram @jusufhamka

Memborong roti bukan pertama kalinya dilakukan oleh Jusuf Hamka untuk membantu pedagang di masa PPKM. Sebelumnya ia juga pernah memborong nasi goreng dengan tujuan yang sama.

Diceritakan lewat Instagramnya, ia bersama dengan beberapa petugas meninjau para pedagang kaki lima untuk menaati aturan PPKM. Jusuf Hamka pun menemukan solusi untuk memborong nasi goreng dari seorang pedagang.

Lebih lanjut,JusufHamka menjelaskan bahwa makanan yang diborong tersebut kemudian dibagikan untuk kaumdhuafa atau fakir miskin di sekitar tempat berjualan nasi goreng.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com