ADVERTISEMENT

Meskipun Viral 5 Tren Makanan dan Minuman di TikTok Ini Berbahaya

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 23 Mar 2022 16:00 WIB
Orang India Percaya Rebus Ayam dengan Sirup Obat Batuk Bisa Tangkal Penyakit
Foto: Verve Times
Jakarta -

Tren makanan datang silih berganti di TikTok. Dari banyaknya tren makanan viral, ada beberepa tren makanan yang justru mengancam kesehatan banyak orang.

Munculnya tren makanan terbaru, kadang membuat orang penasaran ingin meniru atau mencobanya di rumah. Ditambah kebanyakan tren makanan yang tersebar di TikTok, menggunakan bahan dan cara yang mudah ditiru.

Namun sayangnya, ada beberapa tren makanan terbaru yang justru berpotensi membahayakan kesehatan orang yang mengonsumsimnya. Seperti tren memasak daging ayam dengan sirup obat batuk, yang dipercaya bisa tangkal penyakit.

Kemudian ada juga tren mencuci daging ayam mentah yang tidak disarankan, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari Eat This Not That (22/03), berikut 5 tren makanan terbaru di TikTok yang berbahaya.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Video TikTok Resep Makanan Supaya Jadi Viral" selengkapnya


1. Dry Scooping

'Dry Scooping', Tren Makan Protein Bubuk yang Berbahaya di TikTok'Dry Scooping', Tren Makan Protein Bubuk yang Berbahaya di TikTok Foto: TikTok/Fox

Bubuk protein atau protein shake biasanya digunakan banyak binaragawan, atlet hingga orang-orang yang tengah membentuk badan mereka sebelum berolahraga. Minuman yang satu ini bekerja untuk membangun otot, memperbaiki jaringan serta menurunkan berat badan.

Beberapa waktu yang lalu muncul tren aneh terbaru yang cukup berbahaya bagi kesehatan di TikTok. Namanya 'Dry Scooping', tren ini mengajak orang-orang untuk memakan bubuk protein atau protein shake tanpa diseduh.

Mereka langsung memakan bubuk itu dan menelannya, tanpa tambahan air atau cairan lainnya. Meski terlihat biasa saja, tapi ternyata banyak efek samping yang hadir dari makan bubuk protein tanpa air. Bahkan salah satu pengguna TikTok yang mengikuti tren ini mengaku bahwa dia terkena serangan jantung, setelah memakan bubuk protein tersebut.

Efek samping yang berbahaya ini dikonfirmasi oleh para dokter. Jika bubuk protein ini dikonsumsi dalam kadar kafein yang tinggi di tubuh, serangan jantung hingga stroke bisa saja terjadi.

2. #WhatIEatInADay

Young Woman Eating Unhealthy Food. Sweetness Indulging and Fattening Concept. Girl Biting Chocolate Cake, High-calorie Sweet Food, Increased Glucose Diabetes. Sweet food addiction.Makan Foto: Getty Images/PixelsEffect

Tren '#WhatIEatInADay' sebenarnya bukan tren diet, melainkan tren orang-orang membagikan apa saja yang mereka makan dari pagi sampai malam hari lewat video di TikTok. Namun sayangnya, kebanyakan orang-orang yang mengunggah video ini, hanya mengunggah makanan-makanan dengan kalori yang kecil.

Banyak juga yang membuat konten video 'WhatIEatInADay' versi diet. Di mana orang-orang, terutama pengguna TikTok wanita, hanya memakan beberapa jenis makanan tertentu dengan kalori serendah mungkin.

Bahkan ada satu video di mana orang-orang hanya minum kopi, lima butir kacang, air lemon dan makanan hambar lainnya. Tentu saja hal ini cukup membahayakan apalagi jika ditiru banyak orang tanpa berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi terlebih dahulu.

3. Cuci Daging Ayam Mentah

Raw chicken breasts and spices on wooden cutting board, close up viewRaw chicken breasts and spices on wooden cutting board, close up view Foto: Getty Images/iStockphoto/voltan1

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, bolehkah mencuci ayam terlebih dahulu sebelum memasaknya? Ahli kesehatan dan keamanan pangan menyarankan agar tidak melakukan hal tersebut karena diklaim dapat meningkatkan penyebaran bakteri dan risiko kontaminasi silang.

Namun sayangnya di TikTok banyak video tutorial memasak, yang menunjukkan daging ayam mentah yang tengah dicuci. Meski tujuan membersihkan ayam agar terbebas dari bakteri, justru yang muncul malah sebaliknya.

Ini disebabkan menempelnya bagian-bagian bakteri dan patogen yang dibawa daging ayam. Bakteri ini bisa menempel di area cucian piring, cipratan air cucian ayam bisa sampai ke meja dapur, hingga mengkontaminasi makanan lainnya.



Simak Video "Nenek Yanah, Viral Gegara Tutorial Memasak Absurd"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT