Keren! Desainer Ini Bikin Gaun Pengantin Pakai Karung Beras

Devi Setya - detikFood
Rabu, 23 Mar 2022 12:30 WIB
Gaun Pengantin Pakai Karung Beras
Foto: South China Morning Post
Jakarta -

Seorang desainer asal Filipina membuat gaun cantik dengan bahan anti mainstream. Bukan mengandalkan kain mewah, ia justru menggunakan karung beras untuk membuat gaun.

Setiap wanita pasti ingin tampil dengan gaun cantik dan memukau saat momen spesial seperti ulang tahun atau pernikahan. Gaun mewah dengan permata berkilauan pun kerap jadi pilihan. Para desainer berlomba membuat gaun cantik yang mewah.

Namun tidak bagi Nora Buenviaje, seorang desainer gaun asal Filipina. Ia justru membuat gaun menggunakan karung bekas beras. Meskipun terbuat dari 'sampah' tetapi hasilnya cantik.

Gaun Pengantin Pakai Karung BerasGaun Pengantin Pakai Karung Beras Foto: South China Morning Post

Dilansir dari South China Morning Post (22/3) Nora sudah menggeluti bidang fashion ini sejak belasan tahun lalu namun tujuh tahun belakangan ini ia baru berfokus membuat gaun menggunakan barang daur ulang. Tak disangka, gaunnya ini banyak mendapat perhatian.

Nora mengandalkan berbagai bahan daur ulang seperti karung beras, plastik hingga kertas koran untuk merancang gaun cantik yang bisa dikenakan dalam berbagai momen spesial.

"Sangat penting untuk mendaur ulang atau memanfaatkan bahan bekas sehingga kita dapat membantu menjaga Bumi kita,"" kata salah satu klien Nora Buenviaje.

Nora yang berusia 51 tahun ini mengandalkan mesin jahit kesayangannya untuk membuat gaun pesanan pelanggan. Dengan motif khas dari barang daur ulang ini, Nora menghasilkan gaun yang unik namun tetap modis. Ia juga sesekali membuat hiasan kepala yang memiliki motif seragam dengan gaun buatannya.

"Pembungkus gelembung (bubble wrap) dari paket pengiriman terlihat bagus dan dibuat desain yang bagus, terutama bungkus hitam dan putih," katanya. Bungkus plastik putih bagus untuk membuat gaun peri atau pernikahan, katanya.

Gaun Pengantin Pakai Karung BerasGaun Pengantin Pakai Karung Beras Foto: South China Morning Post

Ia juga menunjukkan sebuah gaun yang sedang dibuatnya. Bahan utama untuk gaun ini adalah karung beras.

Gaun ini kemudian dijual dengan harga bervariasi mulai dari $30 hingga $50 atau sekitar Rp 430 ribu hingga Rp 717 ribu tergantung ukuran dan model gaunnya. Biasanya Nora menerima pesanan gaun untuk pesta ulang tahun, pernikahan hingga gaun untuk kontes kecantikan.

Nora mengaku ikut senang ketika ada wanita yang menang kontes kecantikan dengan mengenakan gaun buatannya. "Saya senang setiap kali mereka menang, desainnya sederhana tetapi mereka tetap menang," kata Nora.

Sebelum membuat gaun ini, Nora biasanya akan membersihkan bahan daur ulang ini. Ia akan mencuci karung beras maupun plastik sebelum dijahit menjadi gaun. Hal ini dilakukan agar barang bekas ini tampak bersih sehingga orang bisa memakainya dengan nyaman.



Simak Video "Warga Polewali Mandar Pesta Durian: Makan Sepuasnya Gratis!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)