Kisruh 'Service Charge' 18% di Resto Salt Bae, Ini Keputusan Pengadilan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 22 Mar 2022 11:30 WIB
10 Potret Jadul Salt Bae Sebelum Jadi Celebrity Chef Terkenal
Foto: Instagram nusr_et
Jakarta -

Restoran Salt Bae di Miami dituntut pegawainya terkait 'service charge' 18% yang dibebankan pada tamu. Pegawai beranggapan biaya itu adalah tip yang seharusnya mereka terima. Begini kata pengadilan.

'Service charge' atau biaya layanan adalah biaya tambahan yang dikenakan pada pengunjung saat bersantap di restoran. Besarannya bisa berbeda antarrestoran karena ditentukan oleh masing-masing pengelola, namun biasanya mulai dari 5% total biaya bersantap.

Biaya layanan tersebut nantinya dipakai untuk beragam hal terkait operasional restoran. Restoran Salt Bae di Miami, Amerika Serikat juga ikut menerapkan 'service charge'. Besarannya bahkan mencapai 18%.

Mengutip Food & Wine (21/3/2022), penggunaan 'service charge' di restoran Salt Bae di Miami rupanya jadi penyebab kekisruhan. Pasalnya pegawai restoran yang berlamat di 999 Brickell Ave ini beranggapan bahwa 'service charge' itu adalah 'tip' yang harusnya diterima penuh oleh mereka.

Namun pengelola restoran menilai 'service charge' bukan tip, meski salah satu penggunaannya untuk menggaji pegawai. Kisruh ini sudah sampai ke tahap pengadilan. Pihak pengadilan Miami pun memberi jawaban.

tip pelayan restoranKisruh restoran Salt Bae di Miami berawal dari kebijakan service charge 18%. Foto: iStock

Keputusan hakim federal Miami adalah 'service charge' 18% yang dibebankan dalam tagihan bersantap tamu adalah milik Nusret Gokce alias Salt Bae. Biaya layanan itu bukanlah tip karena bukan sesuatu yang diberikan secara sukarela oleh tamu restoran.

Aturan terkait menyatakan, "Jika biaya layanan wajib (service charge) adalah tip, undang-undang federal umumnya akan melarang restoran menggunakan dana tersebut untuk membayar upah minimum dan lembur para pegawai. Tapi jika biaya layanan itu bukan tip, pengelola restoran bisa menggunakan, salah satunya sebagai gaji pegawai."

Keputusan ini sejalan dengan keputusan Fourth Circuit tahun 2020 (sistem peradilan federal Amerika Serikat). Isinya menetapkan bahwa persenan 20% otomatis untuk partai besar juga bukan tip resmi.

Tapi tuntutan sekitar 24 pegawai restoran Salt Bae di Miami bukan tanpa alasan. Penyebabnya adalah karena bahasa yang digunakan Salt Bae tentang aturan 'service charge' ini terdengar sebagai 'tip' untuk pegawai.

"Demi kenyamanan Anda (tamu), 'service charge' 18% akan ditambahkan ke tagihan akhir Anda dan akan didistribusikan ke seluruh tim," kata pihak restoran Salt Bae.

Resto Salt Bae Dikeluhkan KeasinanKeputusan pengadilan berpihak pada restoran Salt Bae dimana service charge 18% disebut bukan tip. Foto: Instagram/nusr_et

Namun, dalam keputusannya, pengadilan mengutip preseden yang menyatakan bahwa "elemen penting dari tip adalah sifatnya yang sukarela." Jadi, 'service charge' 18% di resto Salt Bae bukanlah tip karena sifatnya yang dibebankan kepada tamu, bukan pemberian sukarela.

Pengadilan juga menambahkan definisi tip menurut peraturan Departemen Tenaga Kerja (DOL) Amerika Serikat. Elemen pentingnya adalah apakah tip diberikan atau tidak dan jumlahnya, adalah hal-hal yang ditentukan sendiri oleh tamu restoran.

Pengadilan juga mengutip peraturan lain dari DOL yaitu biaya wajib untuk layanan seperti yang besarnya 15% dari jumlah tagihan, bukanlah tip. "Kami tidak bisa membedakan antara biaya layanan di restoran Nusret dengan contoh ini," lanjut pihak pengadilan.

Terkait keluhan pegawai restoran Salt Bae di Miami soal upah, perlu dicatat bahwa selama periode yang mencakup keluhan pegawai yaitu dari 1 November 2017 hingga 1 Januari 2-19, pegawai menghasilkan uang mulai dari $23,68 (Rp 339.867) hingga $51,58 (Rp 740.301) per jam. Jumlah ini sebenarnya sudah lebih dari upah minimum yang ditentukan.



Simak Video "Bikin Laper: Sate Taichan Ayam dan Renyah di Kebon Jeruk"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)