5 Kontroversi Restoran Salt Bae London, Mantan Pegawai hingga Pelanggan Jutawan Bicara

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 09 Mar 2022 15:30 WIB
Tawarkan Gaji Rp 233 Ribu, Lowongan Chef di Resto Salt Bae Disorot
Foto: Getty Images
Jakarta -

Di balik ketenarannya, sejumlah kontroversi meliputi Salt Bae. Terbaru, mantan pegawai hingga pelanggan jutawan yang bersantap di restoran miliknya di London memberi komentar pedas.

Chef Nusret Gokce alias Salt Bae selalu jadi bahan perbincangan. Bukan hanya karena kreasi steak atau burgernya yang menggugah selera, melainkan juga karena kontroversi yang terjadi di lingkungan restoran miliknya.

Utamanya menyangkut ketidakpuasan pegawai yang pernah bekerja dan pelanggan yang bersantap di sana. Mereka mengungkapkan ketidakpuasannya hingga viral di media sosial.

Kontroversi lain seputar sosok tamu terkenal yang datang ke restoran Salt Bae. Dirinya dikritik lantaran mengunjungi restoran celebrity chef Turki yang terkenal mahal ini. Seperti apa kisahnya?

Berikut detikfood merangkum 5 kontroversi terbaru menyangkut restoran Salt Bae di London:


1. Mantan pegawai bongkar aib restoran Salt Bae

Mantan Pegawai Bongkar Aib Restoran Salt Bae di London, Ini KatanyaMantan pegawai restoran Salt Bae di London bongkar aib restoran. Foto: Daily Mail

Pria bernama Guillermo Perez bekerja sebagai sommelier atau penyaji wine di restoran Salt Bae di London. Ia baru berhenti dari pekerjaannya karena merasa tak nyaman.

Perez mengungkap bahwa Nusr-Et Steakhouse mematok harga yang tidak manusiawi bagi para pelanggannya. Sebotol wine seharga Rp 19 juta, misalnya, bisa dinaikkan menjadi Rp 57 juta!

Bahan-bahan yang dipakai di restoran fine dining ini ternyata tak semuanya istimewa. Saus dan mayonnaise yang dipakai, misalnya, tak ubahnya seperti produk serupa di supermarket. Pria yang sudah bekerja 8 tahun terakhir ini juga mengatakan lingkungan kerja di restoran Salt Bae tak sehat.

Baca Juga: Mantan Pegawai Bongkar Aib Restoran Salt Bae di London, Ini Katanya

2. Upah pelayan restoran Rp 290 ribu

Duh! Pelayan di Resto Salt Bae Hanya Dibayar Rp 290 Ribu/JamLowongan untuk mencari pelayan restoran Salt Bae bergaji sekitar Rp 290 ribu per jam. Foto: The Sun

Masih dari restoran Salt Bae di London, kontroversi selanjutnya menyangkut upah pelayan restoran yang dianggap terlalu rendah. Pihaknya menawarkan lowongan pelayan dengan upah Rp 290 ribu per jam.

Syaratnya kandidat harus memiliki pengalaman kerja sebagai pelayan restoran selama 2 tahun. Para kandidat ini juga diwajibkan bisa membuat tamu merasa spesial dengan kedewasaan, kesabaran, dan kepercayaan diri mereka.

Netizen menilai upah Rp 290 ribu per jam terlalu rendah. Pasalnya nomilal itu bahkan tidak sepadan dengan harga semangkuk Caesar Salad yang disajikan di restoran Salt Bae. Jika dibandingkan, pelayan restoran Salt Bae harus bekerja selama dua jam baru bisa mendapatkan semangkuk salad sebagai makanan pembuka.

Baca Juga: Duh! Pelayan di Resto Salt Bae Hanya Dibayar Rp 290 Ribu/Jam