3 Metode Tangkal Hujan Pakai Bumbu Dapur ala Orang Indonesia

ADVERTISEMENT

3 Metode Tangkal Hujan Pakai Bumbu Dapur ala Orang Indonesia

Tim detikFood - detikFood
Senin, 21 Mar 2022 14:30 WIB
Menangkal hujan dengan bumbu dapur
Foto: iStock
Jakarta -

Aksi pawang hujan di gelaran MotoGP Mandalika sukses menarik perhatian. Selain itu, bumbu dapur juga sering dipakai orang Indonesia untuk tangkal hujan.

Ajang balap motor dunia MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok sukses digelar, meskipun sempat terhenti karena hujan turun cukup deras.

Namun beruntung, aksi pawang hujan Rara Isti Wulandari berhasil menggerakkan awan sehingga hujan pun berhenti dan gelaran MotoGP dapat kembali berjalan. Aksi Rara itulah yang menjadi sorotan dunia.

Bahkan aksi pawang hujan tersebut mendapat pujian dari media asing. Pawang hujan memang sudah tak asing di Indonesia dan biasa dipakai saat acara-acara tertentu.

Bahkan, ada juga masyarakat Indonesia yang mencoba menangkal hujan dengan menggunakan beberapa bumbu dapur. Lantas bagaimana cara kerjanya?

1. Tangkal Hujan Pakai Garam

Menangkal hujan dengan bumbu dapurMenangkal hujan dengan bumbu dapur, salah satu yang sering dipakai adalah garam Foto: iStock

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang sering dimanfaatkan untuk menangkal hujan. Itu karena garam merupakan material hidrofilik yang dapat mengumpulkan air.

Garam dapur digiling halus hingga teksturnya seperti tepung dengan ukuran butiran sekitar 5 mikron. Kemudian, garam itu dicampur dengan bahan anti gumpal sebanyak 0,5-3%.

Lalu, garamnya dibungkus rapat menggunakan plastik kedap udara. Setelah itu garam ditaburkan dari atas menggunakan pesawat.

Baca Juga: Resep Pembaca: Resep Daging Berempah yang Wangi Gurih Aromanya

2. Tangkal Hujan Pakai Bawang Merah dan Cabai Merah

Menangkal hujan dengan bumbu dapurMenangkal hujan dengan bumbu dapur menggunakan bawang merah dan cabai merah Foto: iStock

Memberhentikan hujan menggunakan bawang merah dan cabai ini pernah viral setelah dipraktekkan oleh seorang pengguna TikTok dengan akun @ratzzz16. Ia menggunakan 2 siung bawang merah dan 1 cabai merah.

Dalam videonya terlihat, ia juga menyiapkan sapu lidi. Sapu lidi itu diletakkan di luar rumah dengan posisi terbalik dan bisa berdiri. Kemudian, bawang merah dan cabai ditancapkan ke lidi.

Biarkan sapu lidi tersebut di tengah hujan, dan tak disangka hujan tersebut pun berhenti beberapa menit kemudian. Ia jua menunjukkan waktu saat hujan turun yakni pukul 15.46 dan saat hujan mulai reda pada pukul 16.12.

Baca Juga: Wow! Pria Ini Berhentikan Hujan Pakai Bumbu Dapur



Simak Video "Jejak Gado-gado Legendaris di Cikini"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT