5 Menu Sarapan Paling Enak di Asia Tenggara, Nasi Goreng Indonesia Juara!

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 21 Mar 2022 06:00 WIB
Cafe RSPI : Nostalgia Nasi Goreng Puspita dan Tahu Isi Kantin Rumah Sakit
Foto: detikFood
Jakarta -

Situs kuliner sekaligus traveling TasteAtlas, kembali merilis menu sarapan terpopuler dan terenak di Asia Tenggara. Banyak di antaranya merupakan makanan Indonesia.

Setelah sebelumnya situs TasteAtlas memberikan peringkat atau rating makanan yang paling enak, dan tidak enak di Asia Tenggara. Di mana bubur ayam dari Indonesia menempati posisi tiga teratas, kini TasteAtlas kembali dengan daftar sarapan enak di Asia Tenggara.

Ada sekitar sepuluh menu sarapan dari berbagai negara di Asia Tenggara yang dipilih. Seperti ban cuon, silog, gado-gado hingga nasi kandar.

Berikut lima menu sarapan terenak di Asia Tenggara versi TasteAtlas (20/03).

Baca Juga: 5 Negara Ini Punya Menu Sarapan yang Enak dan Murah" selengkapnya


5. Bun Bo Hue

5 Menu Sarapan Paling Enak di Asia Tenggara, Nasi Goreng Indonesia Juara!5 Menu Sarapan Paling Enak di Asia Tenggara, Nasi Goreng Indonesia Juara! Foto: Site News

Di posisi ke lima ada Bun Bo Hue, menu sarapan khas Vietnam yang mirip sekilas mirip seperti sup ayam. Namun Bun Bo Hue diolah dari kaldu tulang babi dan sapi, kemudian mie bun, serai, terasi, perasan jeruk nipis dan beberapa rempah lainnya.

Rasa mie kuah yang satu ini cukup pedas, dengan rasa rempah dan bumbu yang kuat jika dibandingkan dengan mie Pho. Menu ini sangat populer di pagi hari.

Banyak penjual yang kadang menambahkan bakso dari daging kepiting, hingga irisan daging sapi untuk membuat hidangannya semakin meriah.

4. Torta

Di posisi ke empat ada Torta dari Filipina. Menu omelette yang tampil unik dan berbeda dengan omelette di negara Barat. Torta bukan hanya telur dadar saja, melainkan kombinasi dari terong yang diselimuti kocokan telur.

Di dalam kocokan telur ditambahkan daging cincang, sayuran seperti kentang yang dipotong dadu agar tekstur telur lebih tebal. Menu ini cukup digemari saat sarapan, bahkan lebih populer dari sarapan nasi.

Selain kombinasi omelette dengan terong. Orang Filipina sering membuat kombiasi torta lainnya, seperti tortang gulay yang terdiri dari paprika dan bawang putih.

3. Bo Kho

5 Menu Sarapan Paling Enak di Asia Tenggara, Nasi Goreng Indonesia Juara!5 Menu Sarapan Paling Enak di Asia Tenggara, Nasi Goreng Indonesia Juara! Foto: Site News

Selain Bun Bo Hue, ada juga Bo Kho yang menempati posisi ketiga sebagai menu sarapan terenak di Asia Tenggara. Bo Kho merupakan gulai daging ala Vietnam yang biasanya dicocol dengan roti baguette atau nasi putih, dan terkadang mie.

Seperti kebanyakan makanan khas Vietnam lainnya. Perpaduan rempah seperti cabe, lada, bawang putih, bawang daun, kayumanis hingga serai menjadi kunci utama di sajian ini.

Bahan utamanya menggunakan daging sapi yang dipotong dadu dan wortel sebagai sayurannya. Kuahnya yang kental manis, sedikit pedas dari rempah dan aromatik makanan yang sedap.



Simak Video "Mantap! Rawon Jadi Sup Terenak se-Asia"
[Gambas:Video 20detik]