Wow! Ini 5 Rekor Dunia yang Tercipta karena Olahan Babi

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 21 Mar 2022 10:30 WIB
5 Makanan Ini Diprediksi Langka di Tahun 2022, Termasuk Daging Babi
Foto: Getty Images/iStockphoto/JanPietruszka
Jakarta -

Olahan daging babi ternyata pernah dibuat dalam bentuk dan ukuran yang tak wajar. Di buku rekor dunia saja, setidaknya ada 5 catatan rekor yang tercipta gegara daging babi.

Tidak hanya dikenal sebagai hewan yang diharamkan untuk dikonsumsi beberapa agama, ternyata olahan daging babi juga pernah dibuat secara spesial. Beberapa olahan babi atau yang berkaitan dengan hewan babi nyatanya tercatat dalam buku rekor dunia.

Di beberapa tempat pernah membuat olahan babi terbesar, terpanjang, hingga babi-babi yang berhasil dijual dengan harga paling mahal. Bahkan jika dibandingkan dengan daging hewan lainnya, daging babi juga dinobatkan sebagai daging paling populer yang tinggi tingkat konsumsinya.

Secara resmi, lembaga rekor dunia sudah mencatatkan beberapa rekor dunia yang pernah tercipta gegara daging babi. Ada dalam daftar Guinness Book of Word Record, ada lima rekor dunia yang tercipta karena olahan daging babi.

Baca juga: Beli Burger di Pinggir Jalan, Netizen Ini Dapat 'Bonus' Tak Terduga

Berikut 5 rekor dunia seputar olahan daging babi yang tercatat dalam Guinness Book of World Record:

Wow! Ini 5 Rekor Dunia yang Tercipta karena Olahan BabiSemur babi atau braised pork ini disajikan dalam porsi yang besar untuk mengenalkan masyarakat China terhadap produksi babi lokal. Foto: Guinness Book of World Record

1. Semur babi terbanyak

Di beberapa negara, olahan babi begitu terkenal dan bisa diolah menjadi beragam jenis hidangan. Salah satunya bumbu semur merah yang dikenal dengan istilah braised pork.

Di China ada sebuah perusahaan yang tercatat pernah menyajikan braised pork dalam porsi yang paling besar. Perusahaan ini bernama Xiang Tan New Hunan Agriculture Ecology Technology yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap babi lokal berjenis Shaziling.

Pemecahan rekor yang dilakukan pada 15 Januari tahun 2020 lalu ini bahkan melibatkan hingga lebih dari 200 peserta yang datang dari forum agrikultur. Braised pork ini kemudian disantap bersama-sama menjadi menu makan siang dan sisanya dibagikan dalam kemasan box untuk dibawa pulang oleh peserta.

2. Babi panggang terpanjang

Banyak negara yang menyajikan babi panggang atau dikenal sebagai roasted pork. Tetapi di Yucatan Mexico ada sebuah asosiasi amal yang berhasil memecahkan rekor dunia dengan babi panggang buatan mereka.

Untuk berhasil memecahkan rekor tersebut bahkan dibutuhkan hingga 47 oven yang hasilnya mampu menyajikan babi panggang sepanjang 50 meter. Bukan tanpa alasan, pemecahan rekor babi panggang terpanjang ini juga untuk berbagi makanan kepada banyak orang.

DIbandtu oleh lebih dari 250 mahasiswa sebagai relawan, babi panggang ini semuanya disusun lengkap dengan acar, torila hingga saus habanero. Menu ini sebenarnya merupakan hidangan tradisional Mexico yang bernama conchinita pibil.

Baca juga: 5 Bagian Tubuh Babi yang Ekstrem Ini Bisa Diolah Jadi Makanan Nikmat