Bentar Lagi Puasa, 4 Camilan Ini Paling Banyak Diburu saat Ramadhan

Jihaan Khoirunnisaa - detikFood
Sabtu, 19 Mar 2022 16:34 WIB
Mini Jelly Inaco
Foto: Inaco
Jakarta -

Sebentar lagi bulan suci Ramadhan yang dinanti tiba. Artinya, dalam waktu dekat umat muslim di seluruh dunia akan menjalani ibadah puasa.

Bulan Ramadhan memang menjadi momen 'langka' yang selalu disambut dengan penuh suka cita. Karena di bulan ini masyarakat dapat berkumpul dan beribadah bersama keluarga tercinta.

Momen menjelang bulan Ramadhan biasanya diikuti oleh perubahan tren konsumsi masyarakat. Konsumsi masyarakat muslim di bulan puasa cenderung meningkat tajam jika dibandingkan bulan-bulan lain.

Marketing Manager Inaco untuk Jelly dan Beverages Ricko Dwi Syahputra mengatakan mendekati bulan puasa, masyarakat cenderung membeli banyak hal, salah satunya berburu camilan khas Ramadhan. Terutama yang memiliki nilai emosional, serta bisa meningkatkan keceriaan dan kebersamaan di bulan Ramadhan.

"Konsumen sekarang sudah sangat memahami apa yang mereka inginkan, jika kami perhatikan, Kualitas sudah pasti tidak bisa ditawar, bahan-bahan pun tak terkecuali, Namun jika diperhatikan lebih dalam, ada kecenderungan konsumen dalam memilih produk yang memiliki nilai emosional," ujar Ricko dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/3/2022).

Lebih lanjut Ricko menjelaskan soal munculnya tren social snacking di masyarakat. Sederhananya, menjadikan camilan tak hanya sebagai sumber nutrisi dan kesenangan pribadi, melainkan dapat dinikmati bersama orang lain, seperti keluarga, teman, dan kerabat dekat.

"Apa sih yang di cari? Jelas merupakan produk yang bisa menyatukan, menghangatkan terutama menceriakan suasana kebersamaan," lanjutnya.

Ricko pun merinci sederet camilan yang banyak diburu masyarakat mendekati momen bulan Ramadhan. Apa saja?

1. Camilan Manis - INACO MINI JELLY

Bulan puasa dan Lebaran mungkin tak lengkap tanpa menyuguhkan snack legendaris, INACO MINI JELLY. Camilan jelly ini sangat pas dimakan saat perut tengah kosong. Hal ini karena memiliki kandungan serat dan rasa buah yang segar, sehingga dapat mengganjal perut.

Selain itu, INACO MINI JELLY juga bisa disantap saat berbuka, terutama jika kamu tak ingin makan besar dalam jumlah banyak. Apalagi, setelah berpuasa seharian kamu dianjurkan untuk berbuka dengan sesuatu yang manis. INACO MINI JELLY saat ini bisa dengan mudah didapatkan, baik di toko tradisional, warung, minimaret supermarket, maupun secara online, seperti Shopee, Tokopedia atau Lazada, serta serta dapat dibeli secara pack maupun kemasan kiloan

2. Kue Kering

Memasuki bulan puasa, biasanya sudah banyak yang menyuguhkan aneka kue kering, seperti lidah kucing, nastar, kastengel, dan putri salju. Hal tersebut sebagai persiapan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Kue-kue tersebut disajikan dalam kemasan toples agar tetap terjaga kerenyahannya.

3. Gorengan

Siapa yang tidak suka gorengan? Rasanya kudapan tradisional yang satu ini selalu menjadi incaran utama masyarakat Indonesia. Khususnya menjelang waktu berbuka puasa. Gorengan biasa disandingkan sebagai teman teh manis. Karena selain murah dan praktis, gorengan juga memiliki banyak varian, mulai dari tempe, tahu, ubi/singkong, pisang, hingga menu gorengan kekinian seperti mozarella stick, biskuit gorengan dan banyak inovasi lainnya.

4. Kue Basah

Tidak hanya gorengan, beragam kue basah juga banyak diburu sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Di antaranya kue lapis, putu, serabi, wajik, hingga bubur sumsum. Kamu bisa membeli kue basah dengan mudah. Sebab kudapan ini banyak dijual di pinggir jalan, serta toko kue modern.

(fhs/fhs)