4 Diet Sehat ala Nabi Muhammad SAW yang Gampang Dicontoh

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 16 Mar 2022 06:00 WIB
Pola makan ala Nabi Muhammad SAW yang gampang ditiru
Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW merupakan suri teladan yang baik bagi umat Muslim. Beliau selalu memberi contoh yang baik dan bermanfaat termasuk dalam soal pola makan sehari-hari.

Nabi Muhammad SAW pernah mengajarkan kepada umatnya bahwa makanan merupakan salah satu penyebab utama penyakit. Karenanya pola makan harus diatur, mulai dari porsi dan jenisnya.

Menjalani pola makan sehat kuncinya adalah tahu batas. Rasulullah SAW memiliki prinsip ketika makan, perut diisi dengan sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga nafas.

Dengan pola makan sehat tersebut membuat Nabi Muhammad SAW tidak pernah sakit. Bahkan semasa hidupnya beliau hanya sakit dua kali.

Dilansir dari About Islam (20/04/20) berikut pola makan sehat ala Nabi Muhammad SAW:

1. Makan Makanan Organik

Pola makan ala Nabi Muhammad SAW yang gampang ditiruTimun merupakan salah satu jenis sayuran kesukaan Nabi Muhammad SAW Foto: iStock

Nabi Muhammad SAW merupakan pemakan makanan organik. Beliau sangat sederhana soal jenis makanan yang dimakan sehari-hari. Jika tidak ada makanan, maka beliau hanya minum air dan berpuasa.

Salah satu makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW dan selalu dimakan adalah buah kurma. Selain itu, beliau juga menyukai tharid, hidangan berupa daging yang dimakan pakai roti.

Sementara untuk sayuran, Rasulullah SAW menyukai labu dan mentimun. Untuk kesehatannya, Nabi Muhammad SAW juga minum susu kambing.

Intinya, semua jenis makanan yang dimakan oleh Nabi Muhammad SAW merupakan makanan organik. Makanan yang dihasilkan dari kebun sekitar dan tidak melewati proses pengolahan secara panjang.

Baca Juga: Terungkap Alasan Nabi Muhammad SAW Tak Pernah Sakit Perut Semasa Hidup

2. Selalu Makan Bersama-sama

Pola makan ala Nabi Muhammad SAW yang gampang ditiruNabi Muhammad SAW selalu makan bersama-sama dan berbagi Foto: iStock

Nabi Muhammad SAW tidak pernah makan sendirian. Dan ini sangat penting. Dengan makan bersama, bisa mempererat hubungan sosial dengan sesama.

Bukan hanya makan bersama, Nabi Muhammad SAW juga selalu berbagi makanan kepada orang lain. Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa sebaik-baiknya sedekah adalah memberi makan orang lain.