Duh! Pria Ini Nekat Borgol Tangannya di Gerai McD Rusia, Ternyata karena Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 15 Mar 2022 15:30 WIB
Duh! Pria Ini Nekat Borgol Tangannya di Gerai McD Rusia, Ternyata karena Ini
Foto: Mirror/Twitter
Jakarta -

Invasi Rusia ke Ukraina membuat gerai makanan global 'menarik diri' dari Rusia, salah satunya McDonald's. Pria ini pun tak rela dengan kebijakan tersebut hingga nekat memborgol tangannya sendiri!

Imbas invasi Rusia ke Ukraina sejak 24 Februari 2022 sangat luas. Salah satunya terlihat dalam industri makanan dan minuman dimana sejumlah merek dan gerai makanan global memutuskan untuk menghentikan sementara operasional mereka di Rusia.

Merek dan gerai makanan global itu antara lain McDonald's (McD), Starbucks, Coca-Cola, dan PepsiCo. Menanggapi hal ini, Presiden dan CEO McD Rusia yaitu Chris Kempczinski turut bersuara.

Ia mengatakan, "Maksud kami (menghentikan bisnis) berarti kami tidak dapat mengabaikan penderitaan manusia yang sebenarnya tak perlu terjadi di Ukraina." Dirinya juga menjamin bakal tetap membayar gaji 62 ribu karyawannya di Rusia meski 850 gerai McD bakal tutup di sana dalam jangka waktu yang sulit ditentukan.

Selain karena tidak mendukung serangan Rusia ke Ukraina, penutupan McD Rusia ini juga terkait gangguan ketersediaan bahan makanan di tengah situasi mencekam.

Baca Juga: Imbas Invasi ke Ukraina, McDonald's dan Starbucks di Rusia Tutup Sementara

Duh! Pria Ini Nekat Borgol Tangannya di Gerai McD Rusia, Ternyata karena IniLuka Safronov-Zatravkin memborgol tangannya di gerai McD sebagai wujud kekecewaan dirinya atas penutupan McD di Rusia. Foto: Mirror/Twitter

Penggemar McD di Rusia banyak yang khawatir sekaligus kecewa karena harus berpisah sementara dengan makanan favoritnya. Salah satunya diekspresikan oleh pianis Rusia, Luka Safronov-Zatravkin.

Mengutip Daily Mail (14/3/2022), ia memborgol tangannya ke pintu sebuah gerai McD sebagai wujud kekecewaannya pada McD Rusia. Putra seniman Rusia terkenal Nikas Safronov itu mengatakan kebijakan McD Rusia menghentikan operasional adalah tindakan yang tidak manusiawi.

Kepada media Rusia, Luka mengatakan, "McD adalah cara saya hidup, kebebasan saya, mereka putuskan bisa membatasi saya." Aksinya itu viral di Twitter hingga menjadi perbincangan warganet dunia.

Sementara penggemar McD yang lain kebanyakan lebih memilih 'menyelamatkan diri' mereka dengan mengamankan stok burger. Mengutip Mirror (13/3/2022), mereka terlihat rela antre di gerai-gerai McD demi bisa mencicipi menu favorit terakhir kali.

Penggemar McD tak segan menunggu lama di tengah dinginnya cuaca bersalju. Antrean juga terlihat pada layanan drive-thru dimana mobil-mobil mengular demi dapat kesempatan beli McD.

Duh! Pria Ini Nekat Borgol Tangannya di Gerai McD Rusia, Ternyata karena IniAntrean tampak di gerai-gerai McD di Rusia yang bakal segera tutup sementara. Foto: Mirror/Twitter

Fenomena ini ternyata dimanfaatkan segelintir pihak yang menjual kembali McD milik mereka dengan harga tinggi. Tak peduli bahwa menu McD dijual dalam kondisi dingin, mereka tetap mematok harga tak wajar.

Ada yang menjual 4 burger, nugget, dan sausnya seharga £250 atau sekitar Rp 4,6 juta! Lalu ada juga yang menjual 2 burger, 2 minuman, dan 1 cherry pie seharga Rp 858 ribu.

Tak sedikit juga yang 'panic buying' untuk diri mereka sendiri. Sebelumnya viral di Reddit kisah seorang warga Rusia yang membagikan foto kulkasnya penuh dengan burger McD. Ia menyimpan sekitar 50 buah burger!

Wow! Warga Rusia 'Panic Buying' dan Timbun McD dalam KulkasnyaAksi panic buying warga Rusia yang menyetok burger McD di kulkasnya. Foto: Daily Mail

Ia rela menghabiskan hingga Rp 4,6 juta untuk beli burger McD. Ia juga membeli menu-menu lain hingga menghabiskan uang senilai Rp 11,9 juta! Aksinya ini mendapat banyak komentar dari netizen.

Kebanyakan heran mengenai daya simpan burger. Diketahui burger adalah makanan segar yang sebaiknya langsung dimakan dan tidak bisa disimpan terlalu lama.

"Jadi apa yang kamu maksud adalah benda (burger) ini adalah benda solid yang bisa menjadi investasi jangka panjang dengan tidak ada risiko di dalamnya?" kata salah satu netizen yang mengomentari unggahan tersebut.

Baca Juga: Wow! Warga Rusia 'Panic Buying' dan Timbun McD dalam Kulkasnya



Simak Video "McDonald's di Rusia Bakal Ganti Nama"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)