Heboh Netizen Malaysia Sebut Makan Pakai Sumpit Haram bagi Muslim

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 15 Mar 2022 12:00 WIB
Makan pakai sumpit haram bagi Muslim
Foto: Facebook/World of Buzz
Jakarta -

Makan di restoran pakai sumpit, seorang aktor Malaysia Muslim Tionghoa dikecam netizen. Netizen sebut, haram bagi muslim makan pakai sumpit.

Adalah Adam Corrie, seorang aktor Malaysia yang dikenal beragama Islam dan keturunan China. Belum lama ini ia mengalami kejadian tak terduga saat makan di restoran Wangsa Maju di Kuala Lumpur, lapor World of Buzz (14/03).

Momen makan itu pun dibagikan olehnya melalui media sosial miliknya. Adam terlihat menggunakan sumpit sebagai alat makan. Namun, ia justru mendapat komentar aneh dari netizen.

Ada salah satu netizen yang mengklaim bahwa seorang Muslim dilarang untuk makan menggunakan sumpit. Netizen itu juga mengingatkan agar lebih baik berdoa sebelum makan.

Baca Juga: Selain Makanan Haram, Umat Muslim Juga Harus Hindari Makanan Syubhat

Makan pakai sumpit haram bagi MuslimAdam saat makan pakai sumpit disebut haram oleh netizen Foto: Facebook/World of Buzz

"Ada baiknya membaca doa sebelum makan, tetapi penggunaan sumpit hukumnya haram bagi umat Islam. Mohon maafkan saya atas peringatan ini," tulisnetizen.

Adam sendiri mengatakan bahwa dirinya tidak tersinggung dan tidak menanggapi komentar itu dengan serius. Dengan sopan Adam menjelaskan bahwa ia telah merujuk pada pendapat dan saran dari beberapa Ustaz.

"Penggunaan sumpit diperbolehkan karena sama seperti peralatan lainnya, seperti garpu, sendok dan pisau. Itu tidak ada hubungan dengan iman dan agama," ujar Adam.

Komentar netizen yang menyebut bahwa sumpit haram bagi muslim langsung ditanggapi balik oleh netizen lainnya. Banyak netizen yang mengecam karena pendapat tak masuk akal tersebut.

Baca Juga: Hukum Driver Ojol Muslim yang Antar Makanan dan Minuman Haram ke Pelanggan

Makan pakai sumpit haram bagi MuslimKomentar netizen yang menyebut bahwa makan pakai sumpit haram bagi Muslim Foto: Facebook/World of Buzz

"Anda dulu belajar agama di mana? di dalam gua?," tulisnetizen.

"Tolong pelajari lagi ya, jangan sok tahu mana ada sumpit haram buat muslim," tulis netizen lainnya.

Tak sedikit yang menjelaskan bahwa makan pakai sumpit adalah tradisi bagi masyarakat Tionghoa tidak peduli apapun agamanya. Ada pula netizen yang membandingkan soal peralatan makan lainnya dan secara retoris mempertanyakan apakah itu juga haram?

Baca Juga: 7 Makanan Selain Babi yang Juga Diharamkan Dalam Islam



Simak Video "Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Festival Baso Aci Garut 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)