Masak Hati Babi, TikToker Ini Bikin Netizen 'Salfok' dengan Caranya

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 15 Mar 2022 13:30 WIB
Masak Hati Babi, TikToker Ini Bikin Netizen Salfok dengan Caranya
Foto: TikTok/good.food001
Jakarta -

Banyak konten kreator yang menampilkan cara memasak tradisional khas pedesaan. Kali ini giliran menu hati babi panggang yang cara masaknya bikin salah fokus.

Banyak konten kreator yang menampilkan proses memasak hidangan secara tradisional dengan suasana pedesaan yang asri. Berbagai jenis bahan bisa saja diolahnya, mulai dari potongan bagian hewan yang ekstrem hingga ada yang memasak batu.

Menggunakan bumbu dan tahap-tahap yang masih mengikuti proses tradisional, tidak sedikit dari mereka yang berhasil bikin salah fokus dengan cara memasaknya. Biasanya konten masak tradisional di pedesaan ini banyak diproduksi oleh konten kreator dari China, FIlipina, atau bahkan Thailand dan beberapa negara lainnya.

Menyiapkan berbagai bahan dan peralatan masak, seorang TikToker asal Asia memamerkan keahlian memasaknya. Tetapi cara memasak yang dilakukannya memancing reaksi netizen.

Baca juga: Keren! Di New York Ada Warung Indonesia 'Nyempil' yang Sajikan Tahu Campur

Masak Hati Babi, TikToker Ini Bikin Netizen 'Salfok' dengan CaranyaMasak hati babi, TikToker ini bikin netizen 'salfok' karena proses masaknya yang dioleskan pada bagian belakang wajan dan ditumpuk dalam arang. Foto: TikTok/good.food001

Mengutip TikTok @good.food001 (10/3), sebelum memasak, TikToker ini terlihat menyiapkan wajan dalam posisi terbalik. Di tangannya ada hati babi yang sudah disiapkan juga dan berukuran sangat besar.

Uniknya, hati babi yang dipegangnya kemudian dioleskan ke bagian bawah wajan yang berwarna hitam. Setelah dioles merata, hati babi yang awalnya terlihat merah muda dan segar berubah jadi hitam.

Tidak terlihat adanya pengolesan atau penambahan bumbu sebelumnya, hati babi ini langsung dibenamkan dalam tumpukan arang yang sudah menyala. Dimasak hingga matang bahkan hampir gosong terlihat sekali abu dari arang yang sudah habis menempel menutupi permukaan hati babi.

Selanjutnya, hati babi diiris tipis-tipis, dan yang sudah matang disusun pada piring saji. Sementara itu, di wadah lain TikToker ini juga menyiapkan beberapa jenis bumbu.

Baca juga: 7 Makanan Peningkat Kesuburan Buat Pasutri yang Ingin Momongan

Masak Hati Babi, TikToker Ini Bikin Netizen 'Salfok' dengan CaranyaTetapi penyajiannya tampak lezat setelah disiram dengan bumbu yang terbuat dari jahe, cabai bubuk dan bumbu lainnya. Foto: TikTok/good.food001

Ada jahe yang dihaluskan, cabe bubuk, kacang wijen, dan irisan daun bawang. Semuanya lantas disiramkan minyak panas. Campuran bumbu ini digunakan untuk menyiram irisan hati babi yang sudah disusun di atas piring.

Proses pemasakan hati babi yang penuh dengan abu dan menggunakan kotoran wajan ini diakui oleh netizen berhasil membuat mereka terkejut. Saat dilihat oleh detikfood (15/3), unggahan ini telah dilihat lebih dari 1,2 juta kali dan dibanjiri ribuan komentar netizen.

Komentarnya kebanyakan karena cara masak TikToker itu yang menggosok hati babi bagian bawah wajan hingga dimasak langsung dan sisa abu dari arangnya ikut dimakan. Sudah bukan rahasia lagi jika arang yang menempel di makanan bisa memicu dampak negatif.

"Penuh dengan karsinogen. Kanker menanti dengan senyuman," tulis akun @ladyboss1691.

"Apakah kamu telah benar-benar membersihkan bagian bawah dan tempat memasak sebelum menggunakannya? Ya Tuhan," tulis akun @nuskifbf.

Baca juga: Nyeleneh! 7 Keanehan di Supermarket Ini Bikin Pelanggan Mikir Keras



Simak Video "Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Festival Baso Aci Garut 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)