ADVERTISEMENT

Intip Yuk! Seperti Ini Proses Pembuatan Cokelat dengan Mesin Canggih di Pabrik

Devi Setya - detikFood
Senin, 14 Mar 2022 06:00 WIB
Pembuatan cokelat di pabrik
Foto: Interesting Enginering
Jakarta -

Banyak produk cokelat yang dibuat secara massal di pabrik. Proses ini melibatkan bahan baku yang sangat banyak, teknik pengolahan yang panjang serta menggunakan mesin canggih.

Bagi penggemar cokelat tentu tidak asing dengan ragam produk cokelat yang ada di pasaran. Varian cokelat dark, cokelat susu atau cokelat dengan campuran kacang dan kismis bisa dengan mudah ditemui di pasaran.

Cokelat seperti ini diproduksi secara massal di pabrik yang menerapkan teknologi canggih. Dilansir dari Interesting Engineering (2/3) sebuah pabrik cokelat di Turki menunjukkan proses pengolahan cokelat mulai dari biji hingga produk cokelat lezat yang siap dikonsumsi.

Setiap langkah proses pembuatan cokelat ini melibatkan mesin canggih. Sehingga seluruh cokelat yang dihasilkan memiliki kualitas yang sama.

Berikut beberapa langkah pengolahan cokelat di pabrik:

1. Proses pembuatan cokelat

Pembuatan cokelat di pabrikPembuatan cokelat di pabrik Foto: Interesting Enginering


Langkah pertama yang dilakukan untuk mengolah cokelat ini adalah dengan memanggang biji kakao hingga warnanya kecoklatan. Biji kakao yang sudah dipanggang kemudian dipotong kecil-kecil, bagian ini dikenal dengan sebutan chocolate nibs.


Nibs kemudian diolah kembali hingga menjadi cocoa mass atau bubuk cokelat. Ketika bahan baku sudah siap, saatnya mengolah berbagai varian rasa cokelat.

Untuk jenis cokelat susu dibuat dalam alat berupa tong besar yang digunakan untuk mencampur susu cair, susu bubuk dan cokelat. Di dalam mesin ini terdapat alat aduk yang besar sehingga memastikan seluruh komposisi bisa tercampur rata.

Dalam proses ini juga kerap dicampur dengan gula dan bahan lainnya. Semua diaduk rata hingga tercapai tekstur, rasa, dan warna yang diinginkan. Untuk varian cokelat kacang pun prosesnya dilakukan menggunakan alat pengaduk ini.

2. Proses pencetakan cokelat

Setelah cokelat tercampur rata, proses selanjutnya adalah mencetak cokelat. Cokelat yang teksturnya masih cair kental ini dituangkan perlahan pada alat cetak uang sudah disiapkan. Proses ini juga melibatkan alat besar dan canggih.

Cokelat cair yang telah disiapkan dituangkan ke dalam wadah khusus pada mesin yang siap untuk dituangkan kembali ke dalam cetakan. Barisan cetakan cokelat ini kemudian dimasukkan ke mesin yang bergetar. Tujuannya adalah untuk meratakan cokelat dan mengeluarkan udara yang terperangkap dalam cairan cokelat.

Bentuk dan ukuran cetakan cokelat ini beragam sesuai dengan produk yang dihasilkan pabrik. Setelah cetakan diisi, cokelat dimasukkan ke mesin pendingin untuk membuat cokelat padat dan mengeras.

Pembuatan cokelat di pabrikPembuatan cokelat di pabrik Foto: Interesting Enginering

3. Proses pengemasan cokelat

Menggunakan mesin conveyor belt, cokelat yang sudah dikeluarkan dari cetakan kemudian dikemas. Pada beberapa titik di sepanjang konveyor, terdapat sensor digital yang menghitung dan memeriksa konsistensi dan kualitas setiap potongan cokelat.

Di sini juga para pekerja memilih cokelat secara acak sebagai tahap pemeriksaan kualitas. Setelah melewati tahap ini, potongan cokelat dimasukkan ke mesin lain untuk proses pemberian label dan pengemasan.

Setelah dibungkus, masing-masing cokelat kemudian diarahkan ke jalur khusus untuk dikumpulkan dalam wadah. Wadah-wadah ini kemudian dimasukkan untuk kemasan luar serta dilakukan kontrol kualitas.

Cokelat pun siap didistribusikan ke toko dan supermarket untuk dijual. Selama proses distribusi ini juga tidak boleh sembarangan karena cokelat sangat sensitif terhadap suhu panas serta teksturnya yang lunak juga cepat rusak jika tidak ditangani dengan baik.



Simak Video "Masak Masak: Susu Cokelat Hangat dengan Marshmallow"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT