Pancinya Sebesar Bak Mandi, Begini Proses Pembuatan Kuah Hot Pot China di Pabrik

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 10 Nov 2021 18:30 WIB
Pancinya Sebesar Bak Mandi, Begini Proses Pembuatan Kuah Hot Pot China di Pabrik Foto: Twitter @tongbingxue
Jakarta -

China dikenal dengan hidangan hot pot yang autentik dan enak. Ternyata begini proses pembuatan kuah kaldu untuk hot pot yang ada di salah satu pabrik makanan di sana.

Sudah menjadi makanan sehari-hari yang tak bisa dilepaskan oleh warga China. Santapan berkuah isi aneka seafood, daging, bakso sampai sayuran yang dikenal dengan nama hot pot, memang tak pernah bikin bosan.

Paduan rasa kuah kaldu yang kaya rempah dan gurih, ditambah dengan isian hot pot yang melimpah membuat makanan satu ini jadi andalan di setiap restoran di China. Namun kebanyakan restoran hot pot di China, sudah punya kuah kaldu hot pot siap saji yang tinggal dipanaskan ketika ada pengunjung yang memesan menu hot pot.

Baca Juga: So Sweet! Pelayan Resto Hot Pot Ini Menyanyi untuk Hibur Pelanggan Patah Hati


Dilansir dari akun Twitter @tongbingxue, kolektor seni dan ahli sejarah asal China ini membagikan video pembuatan kuah hot pot secara massal di salah satu pabrik makanan di China.

Pancinya Sebesar Bak Mandi, Begini Proses Pembuatan Kuah Hot Pot China di PabrikPancinya Sebesar Bak Mandi, Begini Proses Pembuatan Kuah Hot Pot China di Pabrik Foto: Twitter @tongbingxue

"Ini cara pembuatan kuah kaldu hot pot khas China yang pedas dibuat. Video ini diproduksi oleh Chengdu Li Shu Ji Catering Co, sementara subtitle Inggris dibuat oleh saya," tulis Tong.

Dalam video berdurasi dua menit itu, tampak seorang pegawai pabrik makanan tersebut berdiri di panci raksasa yang berputar otomatis. Pertama ia memasukkan beberapa balok besar lemak beku dari sapi. Jumlahnya sampai puluhan blok lemak sapi yang dimasukkan ke dalam panci sebesar bak mandi (bathub) tersebut.

Setelah lemak dimasukkan, kemudian lemak didihkan sampai mencair. Kemudian dimasukkan daun bawang, bawang putih sampai kubis yang dimasukkan hingga layu ke dalam kuah berisi lemak sapi yang meleleh.

Pancinya Sebesar Bak Mandi, Begini Proses Pembuatan Kuah Hot Pot China di PabrikPancinya Sebesar Bak Mandi, Begini Proses Pembuatan Kuah Hot Pot China di Pabrik Foto: Twitter @tongbingxue

Setelah disaring, pegawai pabrik memasukan puluhan kilogram jahe parut yang diaduk sampai layu ke kuah hot pot kemudian ampasnya dibuang sampai bersih. Baru dimasukkan bubuk cabe, dan tambahan cabe pedas khas Sichuan hingga warna kuah berbubah menjadi merah pekat.

Untuk menyeimbangkan rasa, ditambahkan beberapa kaleng bir ke dalam larutan kuah hotpot. Terakhir ada beberapa baskom berisi rempah seperti cengkeh, bunga lawang, akar manis, kapulaga, kulit jeruk yang sudah dikeringkan, cabe jawa (long pepper), jahe, kayu manis dan masih banyak lagi.

Semua rempah ini diaduk menjadi satu sebelum dituangkan ke dalam panci hotpot, terakhir kaldu hotpot diberikan beberapa puluh gram gula batu sebelum kuah siap dikemas dan diedarkan ke berbagai restoran.

Video pembuatan kuah hot pot yang ternyata cukup rumit ini, sudah ditonton lebih dari 1,5 juta kali di Twitter. Banyak pengguna Twitter yang takjub bahwa proses pembuatan kuah hot pot yang autentik dari China, ternyata sebanyak itu rempah dan bahan-bahannya.

Pancinya Sebesar Bak Mandi, Begini Proses Pembuatan Kuah Hot Pot China di PabrikPancinya Sebesar Bak Mandi, Begini Proses Pembuatan Kuah Hot Pot China di Pabrik Foto: Twitter @tongbingxue

"Hampir semua rempah dan bumbu dapur ada di sini. Sampai lebih gampang untuk menulis daftar makanan apa saja yang tidak digunakan di sini," komen @brad**.

"Rahasia kuah hot pot yang enak, memang terletak pada cabe Sichuannya. Di China sendiri banyak rempah yang digunakan, makanya rasa dari kuah hot pot itu pedas tapi aroatik sekali," sambung @real**.

"Jujur ini kelihatannya enak dan lezat sekali, saya ingin mencobanya tapi takut dengan kepedasan cabe yang digunakan. Pasti ada ya kuah hot pot yang tidak sepedas ini," tanya @none** penasaran.

Sampai saat ini, video pembuatan kuah hot pot di panci sebesar bak mandi ini mendapatkan lebih dari 37,1 ribu likes dan dibagikan sebanyak 6,6 ribu kali di Twitter.

Baca Juga: Telan Kuah Hot Pot Super Panas, Wanita Ini Batuk Darah



Simak Video "Bikin Ngiler! Twitter Diramaikan #NanaChallenge"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com