4 Hidangan Daging Panggang Ekstrem, dari Cicak hingga Buaya Panggang!

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 13 Mar 2022 19:00 WIB
Buaya panggang
Foto: Istimewa
Jakarta -

Bukan daging sapi atau ayam, ada beberapa jenis daging panggang yang terbilang ekstrem. Meski tak biasa, daging panggang ekstrem ternyata banyak penggemarnya.

Membahas daging panggang, orang-orang pasti sudah familiar dengan daging sapi, kambing sampai ayam yang dipanggang. Tapi di beberapa negara, orang-orang justru lebih suka dengan cita rasa eksotik dari daging panggang ekstrem.

Seperti daging panggang dari buaya utuh yang ternyata cukup populer di Amerika. Kemudian ada juga cicak panggang yang digemari di Vietnam.

Berikut 4 menu daging panggang ekstrem yang digemari di beberapa negara:

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman Darah Ini Cocok Buat yang Suka Makanan Ekstrem" selengkapnya


1. Cicak Panggang

Cicak Panggang Rice BowlCicak Panggang Rice Bowl Foto: Site

Cicak panggang mungkin masih masuk ke dalam daftar makanan ekstrem, aneh, atau tak lazim untuk disantap. Tapi di Vietnam, cicak panggang sudah menjadi santapan sehari-hari yang digemari banyak orang.

Salah satunya cicak diolah menjadi lauk utama untuk hidangan rice bowl di sana. Cicak yang telah dibersihkan dan dijemur, dipanggang hingga garing kemudian disajikan di atas nasi putih.

Menu ini cukup populer dan biasanya disantap dengan sayuran sampai sambal yang sedikit asam segar sebagai pelengkapnya. Selain dijadikan menu rice bowl, keripik dari cicak juga populer di Vietnam.

2. Buaya Panggang


Sajian berbahan dasar daging buaya sendiri mudah dijumpai di wilayah Amerika Selatan. Ada banyak kreasi sajian berbahan dasar reptil itu. Seperti nugget buaya, sosis buaya, hingga cheesecake buaya.

Seperti menu ekstrem milik restoran Black Sugar Rib Company di Los Angeles. Mereka menyajikan buaya panggang utuh. Berdasarkan keterangan pihak restoran, Arnold Rodriguez, dibutuhkan waktu selama 4-6 minggu untuk membuat buaya panggang itu.

Buaya utuh panggang yang sudah matang ini sempat dipamerkan di salah satu acara festival makanan di sana. Para pengunjung juga bisa mencicipi daging buaya panggang itu secara gratis jika membeli Black Sugar Reguler BBQ.



Simak Video "4 Kuliner Khas Betawi yang Ada di PRJ 2022"
[Gambas:Video 20detik]