5 Bagian Tubuh Babi yang Ekstrem Ini Bisa Diolah Jadi Makanan Nikmat

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 06 Mar 2022 19:00 WIB
5 Bagian Tubuh Babi yang Ekstrem Ini Bisa Diolah Jadi Makanan Nikmat
Foto: Getty Images/iStockphoto/Yuttana Srimongkol
Jakarta -

Tidak hanya kulit dan dagingnya saja, ternyata ada bagian-bagian lain dari babi yang bisa diolah menjadi makanan lezat. Mulai dari darah hingga jeroan, semuanya bisa disantap nikmat.

Hampir seluruh bagian tubuh dari babi ternyata bisa dikonsumsi dan diolah menjadi makanan yang lezat. Selama ini bagian yang paling terkenal adalah daging dan kulitnya saja.

Terutama pada babi guling, biasanya orang-orang mengenal bagian kulitnya untuk tes kriuk atau tes kerenyahan yang suaranya terdengar begitu menakjubkan. Ternyata bagi para konsumennya, masih banyak bagian dari hewan babi yang bisa diolah menjadi masakan yang lezat.

Walaupun terdengar cukup ekstrem tetapi tidak sedikit para konsumen babi yang menggemari bagian-bagian ini. Ada darah, hidung hingga jeroan atau organ dalam babi.

Baca juga: Bule Ini Kaget Lihat Tetangganya Masak Babi Guling di Halaman Rumah

Berikut ini 5 bagian tubuh babi yang biasa diolah menjadi makanan ekstrem dan nikmat:

5 Bagian Tubuh Babi yang Ekstrem Ini Bisa Diolah Jadi Makanan NikmatTak dibuang begitu saja, darah babi ternyata bisa disulap jadi makanan enak. Foto: Getty Images/iStockphoto/Yuttana Srimongkol

1. Darah babi

Menjadi bagian yang paling ekstrem, ternyata setelah dipotong darah babi juga bisa diolah. Banyak sekali hidangan makanan yang menggunakan darah babi sebagai bahan utamanya.

Salah satunya lawar khas Bali yang menggunakan darah babi segar, bahkan tanpa dimasak. Di banyak negara lain di dunia, darah babi juga dianggap sebagai makanan yang lezat.

Beberapa hidangan juga menggunakan darah babi yang digumpalkan kemudian direbus dan dicampurkan sebagai topping pada beberapa makanan. Salah satu hidangan yang menggunakan darah babi jenis ini misalnya bakso babi yang banyak dijual di Indonesia.

2. Hidung babi

Hidung babi menjadi salah satu hidangan yang cukup populer. Bentuknya yang masih berupa hidung utuh kerap membuat yang melihatnya merasa jijik.

Tetapi bagi penikmatnya, hidung babi yang kenyal dan sedikit keras ini justru menjadi makanan yang lezat untuk disantap. Hanya perlu direbus dan disiram berbagai saus pilihan, hidung babi banyak dibilang tidak begitu sulit diolah.

Bahkan beberapa YouTuber luar negeri seringkali melakukan mukbang atau makan banyak dengan menyantap hidung babi. Menggunakan saus yang pedas dan jumlah yang memenuhi wadah lebar, mereka menghabiskannya dengan lahap.

Baca juga: 5 Bakso Babi yang Empuk Lembut Ini Punya Banyak Penggemar



Simak Video "Berani Jajal Kue Cacing Ini?"
[Gambas:Video 20detik]