Plating Makanan Murah Jadi Mewah, Pria Ini Banjir Pujian Netizen

Devi Setya - detikFood
Rabu, 02 Mar 2022 13:30 WIB
Plating Makanan Murah Jadi Mewah
Foto: TikTok @gilski.ramadhano
Jakarta -

Banyak makanan murah yang rasanya enak namun tampilannya kurang menggoda. Di tangan pria bernama Gilang, makanan murah jadi mewah mirip hidangan restoran.

Makanan seperti ayam geprek, nasi rames hingga risoles biasanya disajikan ala kadarnya dengan bungkus sederhana. Meskipun demikian, makanan-makanan seperti ini populer karena rasanya enak dan harganya terjangkau.

Tapi seorang pria justru jago membuat makanan ini menjadi naik kelas lewat tampilannya. Lewat akun Tiktoknya @gilski.ramadhano, pria bernama Gilang punya hobi plating atau menata makanan.

Plating Makanan Murah Jadi MewahPlating Makanan Murah Jadi Mewah Foto: TikTok @gilski.ramadhano

Terlihat beberapa video saat Gilang menata makanan seperti ayam geprek, nasi rames, klepon, cenil hingga risoles. Semua makanan ini ia beli pada penjual UMKM.

Sebelum diplating ala restoran, Gilang menunjukkan kemasan asli makanan ini. Ada yang dibungkus dengan kertas nasi, kemasan mika plastik hingga kantong plastik biasa.

"Nasi kuning kita bikin cantik. Kasih ide lagi dong makanan apa yang mau dibikin cantik?" ujar Gilang pada video yang menunjukkan aksi plating nasi kuning.

Saat menata makanan ini, Gilang juga beberapa kali menambahkan bahan pelengkap seperti kecap manis, saus sambal atau garnish lainnya agar tampilan makanan semakin mewah. Ia juga menggunakan piring aneka bentuk dan ukuran.

Setiap unggahan video plating yang dibuat Gilang selalu mendapatkan perhatian dari netizen. Ratusan orang berkomentar memuji perubahan tampilan makanan dari biasa saja menjadi mewah dan berkelas.


Ada yang memuji hasil penyajian makanan, namun ada juga yang menjadikan bahan candaan.

"Di plastik 5rb di pindah ke piring jadi 50rb," ujar netizen.

"Antara nasi dan lauk porsi nya kurang pas deh, pasti sama chef juna bakal dikomen," sahut netizen lain.

"Anjrit ih jadi keinget nasi kuning koprasi gasiee dalem mika, walaupun hambar," kata netizen yang melihat penyajian nasi kuning dalam mika plastik.

Ketika dikonfirmasi Detikcom (28/2) Gilang yang merupakan mantan peserta MasterChef Indonesia season 3 ini mengatakan sudah sering melakukan plating makanan namun baru saat ini rutin mengunggah lewat media sosial.

"Menata makanan murah jadi makanan ala resto sebenarnya sudah saya kerjakan sejak 8 tahun lalu, hanya saja baru sekarang-sekarang saja saya share dalam bentuk video. Idenya muncul memang karena saya suka menata makanan saya sendiri, lalu kemudian berkembang seiring dengan experience makan yang semakin meningkat. Rasanya senang aja kalo bisa mengubah bentuk makanan yang dianggap "murah" menjadi lebih punya "harga" dengan sentuhan seni," beber Gilang.

Lebih lanjut, Gilang mengatakan ada beberapa makanan yang sulit ditata seperti nasi rames, nasi campur, pecel dan lainnya. Hal ini dikarenakan jenis makanan ini memiliki banyak element sehingga sulit ditata agar menjadi cantik.

Plating Makanan Murah Jadi MewahPlating Makanan Murah Jadi Mewah Foto: TikTok @gilski.ramadhano

Selain itu, biasanya makanan kuah, konsistensi sambal, tekstur nasi dan lainnya juga termasuk makanan yang tidak bisa dengan mudah ditata.

Meskipun sudah banyak menata makanan murah menjadi makanan berkelas tetapi Gilang mengaku masih ingin menata banyak makanan Indonesia lainnya, termasuk jajanan pasar.

"Ada beberapa makanan yang memang ingin saya plating namun masih belum dieksekusi terutama jajanan pasar Indonesia yang jumlahnya sangat banyak mungkin masih jadi tantangan besar yang belum saya taklukan seperti kue bugis, talam ubi, kue paranggi, cantik manis, putu mayang dan lainnya," pungkas Gilang.



Simak Video "Steak Kelas Hotel Bintang Lima, Harga Kaki Lima"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)