ADVERTISEMENT

Kreatif! 'Food Plating' Sulap Nasi Lauk Kerupuk Jadi Menu Restoran

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 29 Sep 2021 19:00 WIB
Kreatif! Food Plating Sulap Nasi Lauk Kerupuk Jadi Menu Restoran
Foto: Twiter @vivielawantii
Jakarta -

Food plating merupakan tata letak makanan di piring saja agar tampil memikat. Namun, bagaimana jika kerupuk dan nasi ditata ala 'food plating' ?

Dalam dunia kuliner ada yang disebut dengan food plating. Food plating adalah cara letak dan penyajian makanan di atas piring saji dengan memperhatikan detail posisi serta komposisi makanan.

Dengan food plating makanan akan tampil menarik dan artistik sehingga lebih merangsang selera makan. Food plating itu biasanya digunakan para chef di restoran mewah.

Baca Juga: Kenapa Makanan Mahal di Restoran Mewah Porsinya Malah Sedikit?

Kreatif! 'Food Plating' Sulap Nasi Lauk Kerupuk Jadi Menu RestoranKreatif! 'Food Plating' Sulap Nasi Lauk Kerupuk Jadi Menu Restoran Foto: Twiter

Karenanya bahan-bahan yang digunakan pun merupakan bahan premium dan harganya mahal. Namun, porsinya justru kecil dan tidak mengenyangkan untuk memberi kesan elegan.

Rupanya dari food plating tersebut memberikan inspirasi dan ide-ide kreatif para netizen saat menyajikan makanan. Uniknya makanan yang ditata dengan teknik plating itu menggunakan makanan sederhana.

Seperti yang dibuat oleh pengguna Twitter @vivielawantii. Dalam unggahannya yang telah dikonfirmasi detikFood (29/09) ia membagikan seporsi makanan yang telah ditata cantik sedemikian rupa.

Kreatif! 'Food Plating' Sulap Nasi Lauk Kerupuk Jadi Menu RestoranKreatif! 'Food Plating' Sulap Nasi Lauk Kerupuk Jadi Menu Restoran Foto: Twiter

Makanan tersebut berupa sejumput nasi putih, kerupuk putih dah kecap manis. Makanan tersebut juga diberi nama dengan bahasa Inggris agar terkesan mewah.

"Meski dollar lagi naik, alhamdulillah masih bisa makan dengan elegan.

main dishes: white rice with sweet fermented paste of soybeans mixed with palm sugar jaggery with topping local cuisine snack," tulisnya.

Unggahan itu pun ramai dikomentari netizen. Bahkan ada yang berlagak seperti chef di pencarian bakat MasterChef.

Kreatif! 'Food Plating' Sulap Nasi Lauk Kerupuk Jadi Menu RestoranKreatif! 'Food Plating' Sulap Nasi Lauk Kerupuk Jadi Menu Restoran Foto: Twiter

"Chef juna: itu kan platenya kan udah banyak coraknya jadi alangkah indahnya dikasih garnish yang simple but elegan, coba cari lagi plate yang polos kalo mau bikin pola yang gitu ya biar kesannya gak kayak anak STM lagi tawuran, rame banget," tulis netizen.

"Makannya pakai garpu sama pisau nih. Kenyang kagak frustasi iya," tulis netizen lainnya.

Selain itu, ada pula netizen yang memberikan foto-foto makanan sederhana yang ditata dengan plating seperti makanan di restoran mewah. Salah satunya ada ikan cue yang disajikan dengan saus. Sausmya pun dihias dengan motif goresan.

Kreatif! 'Food Plating' Sulap Nasi Lauk Kerupuk Jadi Menu RestoranKreatif! 'Food Plating' Sulap Nasi Lauk Kerupuk Jadi Menu Restoran Foto: Twiter @vivielawantii

Ada juga kerupuk putih yang diberi topping sambal merah dan kecap. Selain itu, di piringnya juga dihias dengan kecap bermotif polkadot.

Yang tak kalah unik ada telur mata sapi yang disajikan dengan daun bawang yang diiris tipis. Selain itu, juga dihiasi dengan warna hijau, kuning dan merah.

Baca Juga: Keren! Chef Jerman Ini Kerjakan 'Food Plating' Seperti Karya Seni



Simak Video "Bikin Laper: Mie Titi dan Nasi Merah Legendaris dari Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT